Dukungan dan harapan Kemendikbud terhadap Festival Musik Indonesia 2023

Uncategorized497 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Kesuksesan festival musik indonesia Keinginan untuk kembali menggelar acara tersebut pada tahun lalu yang digelar pada 28-29 Oktober 2023 mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang bekerja sama dengan berbagai acara musik dan berbagai artis. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, khususnya Film, Musik, Direktorat, dan Media.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Mereka bekerja sama dengan Yayasan Karmawibhangga Indonesia Exotika (EKI) dan Ciputra Artpreneur menghadirkan festival bagi pecinta musik di Indonesia. Sejak tahun pertama festival ini diselenggarakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah berupaya memfasilitasi dan mengajak masyarakat Indonesia untuk mengakses karya seni yang mewakili nilai-nilai negara.

Direktur Film, Musik dan Media Ahmed Mahendra sangat antusias dengan kembalinya FMI pada tahun 2023. “Festival Musik Indonesia pertama yang sukses tahun lalu merevitalisasi dunia musik Indonesia pasca pandemi. Antusiasme komunitas musik semakin besar, terbukti dengan semakin banyaknya peserta FMI tahun ini. “Kami berharap festival ini terus berlanjut dan berkembang setiap tahunnya,” kata Ahmed Mahendra dalam keterangan resmi. waktu.

Festival musik Indonesia menjadi ajang penguatan ekosistem seni

Edi Erawan selaku perwakilan Direktorat Film, Musik dan Media Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memaparkan pandangannya mengenai acara ini dalam konferensi pers yang diselenggarakan oleh Ciputra Artpreneur. “Ini merupakan kegiatan kedua yang kami dukung dan fasilitasi sepenuhnya. “Ini sebenarnya kembali pada kenyataan bahwa kita semua harus memberikan karya seni yang berkualitas, namun berkualitas dan luas yang bisa dinikmati,” kata Eddy.

Oleh karena itu, Festival Musik Indonesia dikoordinasikan oleh pemerintah dan lembaga lain untuk memperkuat ekosistem seni. “Pasca pandemi, masyarakat mendambakan tayangan yang bisa membimbing kita, mencerahkan kita semua. Di sini, nilai ideal sebenarnya adalah persatuan. “Bagaimana karya dan karya seni Indonesia mempersatukan masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga  Seorang pembunuh tak kasat mata menggantung di udara kota-kota Asia.

Respon terhadap tema urban legenda di Festival Musik Indonesia 2023

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendukung pemilihan tema urban legenda untuk pementasan festival tersebut Musikal Pada saat ini. Tema ini penting bagi generasi muda untuk memahami asal usul kebudayaan Indonesia. Meskipun kita tinggal di Indonesia, namun kita tidak boleh lepas dari akar tradisi kita. Eddy mengatakan, “Festival ini merupakan salah satu cara untuk mempromosikan nilai-nilai baik dari budaya kita. dalam paket modern dan mudah diintegrasikan.

iklan

Perwakilan yang menjabat sebagai Ketua Pokja Apresiasi dan Literasi Musik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini melihat tak kalah pentingnya dengan K-pop dalam budaya Indonesia. Oleh karena itu, festival musik Indonesia bertujuan untuk mempromosikan budaya sendiri dengan nilai-nilai yang baik. Dalam prosesnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan turut hadir dalam acara yang merupakan wadah ekspresi generasi muda tersebut.

Kemendikbudristek berharap Festival Musik Indonesia 2023

Menurut Eddy, ekosistem seni perlu diperkuat oleh seluruh elemen agar dapat berkembang dan berfungsi dalam jangka panjang. “Kita perlu mempunyai pola pikir yang sama bahwa pengembangan film, musik, dan seni lainnya bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tapi peran kita dalam ekosistem,” kata Eddy.

Harapannya, masyarakat dapat menjadi pelopor dalam mengembangkan seni rupa Indonesia dan terus mendapat dukungan dari pemerintah. “Kami mendukung apa yang ingin mereka lakukan dengan kebijakan yang berbeda, dengan memberikan ruang bahkan memberikan dukungan finansial,” kata Edi Erawan.

Intan Setiwanti

Pilihan Editor: Festival Musik Indonesia 2023 Siap, Tema Urban Legend



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *