DPR menyetujui RUU DKJ yang menjadikan Jakarta IKN mulai sekarang, berikut 7 rinciannya

Uncategorized119 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaRapat Paripurna DPR RI menyetujui RUU Daerah Khusus Jakarta ((Tagihan DJ) Akan menjadi undang-undang, Kamis 28 Maret 2024. Jakarta masuk eBabak baru dalam sejarah tidak menjadi ibu kota negara sebelum pindah ke Aiken Pulau

Lantas apa isi UU DKJ? Ketua Badan Legislatif DPR Supratman RI Andi Agtas memaparkan isi RUU Daerah Istimewa Jakarta yang memuat 12 bab dan 73 pasal.

Ada tujuh daftar isi RUU DKJ. Pertama, ketentuan mengenai perubahan pengertian wilayah aglomerasi dan pengangkatan ketua dan anggota dewan wilayah aglomerasi oleh presiden, tata cara pengangkatannya diatur dengan keputusan presiden.

Kedua, ketentuan mengenai pemilihan gubernur dan wakil gubernur, ketiga, tambahan dana anggaran pendapatan dan belanja daerah (ABD) sekurang-kurangnya lima persen harus dialokasikan kepada kecamatan untuk menyelesaikan permasalahan sosial sesuai beban kerja. wilayah administratif.

Keempat, peraturan tentang pemberian 15 kewenangan khusus kepada Pemda Khusus Jakarta. Kewenangan khusus ini meliputi pekerjaan umum dan penataan ruang; perumahan umum dan kawasan pemukiman; penanaman Modal; angkutan; daerah industri; Pariwisata dan ekonomi kreatif; belanja pendidikan kesehatan budaya Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana; Administrasi publik dan pencatatan sipil; Urusan Kelautan dan Perikanan; dan bekerja.

Kelima, pemantauan pembangunan dan kebudayaan Prioritas pengembangan budaya asli dan budaya lain di Jakarta, dengan melibatkan lembaga budaya dan adat adat, serta pembentukan dana hibah kebudayaan dari APBD.

Keenam, penyesuaian terkait pendapatan yang dihasilkan dari biaya perizinan tertentu untuk kegiatan pemanfaatan ruang, tata cara penetapan besarannya diatur dengan undang-undang.

Ketujuh, menambahkan ketentuan lain terkait pertanahan.

Suprathman mengatakan, pada Senin, 18 Maret 2024, DPR RI dan pemerintah diwakili Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sepakat melanjutkan pembahasan UU DKJ pada pembahasan tahap 2 pada sidang paripurna DPR menjelang diundangkannya. Delapan fraksi menyatakan setuju, sedangkan fraksi lainnya menolak pembahasan tersebut.

Baca Juga  3 resep ayam goreng kreatif untuk masakan Tahun Baru

iklan

“Pada 18 Maret 734 DM (daftar kesulitan) sudah dibicarakan dengan pemerintah,” ujarnya.

Dalam rapat paripurna tersebut disetujui usulan baru mengenai perubahan sebagaimana dimaksud dalam RUU DKJ Pasal 24 Ayat (2) Huruf D, “Perolehan informasi kendaraan bermotor yang melanggar ketentuan yang diatur dalam metode pembayaran elektronik yang berasal dari Kepolisian Negara Republik Indonesia Pemberian informasi dilakukan atas undangan ketentuan undang-undang.”

Selanjutnya diusulkan penghapusan ketentuan Pasal 24 Ayat (2) Huruf G RUU DKJ: “Penyidikan pelanggaran lalu lintas dan angkutan jalan yang dilakukan oleh kendaraan bermotor di Daerah Khusus Provinsi Jakarta.” Pemeriksaan angkutan umum terhadap mobil pribadi dan sepeda motor yang memasuki jalur khusus angkutan umum dan orang/barang yang melakukan pelanggaran lalu lintas.

Pembentukan UU DKJ merupakan implikasi dari lahirnya Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2023 dan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Perubahan Ibu Kota Negara (UU IKN).

Setelah RUU DKJ disahkan DPR Tahap 2, Presiden Joko Widodo masih perlu menerbitkan Keputusan Presiden (Kepres) sebelum ibu kota resmi dipindahkan dari Jakarta ke Ibu Kota Kepulauan (IKN).

Presiden Jokowi akan mengunjungi IKN Nusantara pada Juli 2024 untuk merayakan upacara HUT RI ke-79 tahun 2024. Mereka menargetkan berangkat ke sana pada 17 Agustus 2024.

di antara

Pilihan Editor Deretan Barang Mewah yang Diberikan Harvey Moyes kepada Sandra Dewey, Diantaranya Hermès dan Rolls Royce



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *