Dia membakar api Gunung Gede; Jalur pendakian ditutup.

Uncategorized495 Dilihat

TEMPO.CO, Sianjur Kebakaran menghanguskan Alun-Alun Suryankana bagian barat di puncak Gunung Gede, Jawa Barat. Pertemuan tersebut terpantau CCTV pada Senin 18 September 2023 pukul 12.49 waktu setempat.

Sapto Adji Prabowo, Kepala Balai Taman Nasional Gede Pangrango, mengatakan CCTV yang terhubung ke ponselnya menangkap aktivitas asap di sabana di Lapangan Suryankana.

“Kami masih memantau lokasi kejadian dengan mengirimkan polisi ke lokasi kebakaran,” kata Sapto melalui telepon hari ini.

Menurut dia, penyebab kebakaran belum diketahui. “Sementara penyebab dan luas area yang terbakar masih diselidiki, kami sudah dapat menentukan lokasinya saat ini,” tambahnya.

Menurut Sapto, rencananya pada Rabu, 20 September 2023 untuk persiapan pekerjaan pembersihan yang sempat ditutup saat terjadi kebakaran.

“Tidak ada yang melakukan aksi unjuk rasa karena sejak kemarin (Minggu) jalan ditutup untuk persiapan agenda bersih-bersih. Hanya petugas TNG yang berada di lokasi melakukan pengaturan.

Sapto belum bisa memastikan apakah api sudah padam atau masih meluas. Namun CCTV menunjukkan asap sudah mulai mereda.

“Saya akan ke Pos Pendakian Gunung Puteri untuk tracking. Kami sudah mengerahkan 20 petugas untuk memadamkan api, belum ada laporannya,” ujarnya.

Alun-alun Suryakencana di puncak Gunung Gede merupakan tempat yang populer bagi para pendaki karena hamparan bunga edelweisnya. Sapto mengatakan, api belum sampai ke kawasan yang banyak tumbuh tanaman hijau. Mudah-mudahan tidak sampai mendekati itu, kata Sapto.

Deden Abdul Aziz

klik disini Untuk mendapatkan berita terkini dari Tempo di Google News



Quoted From Many Source

Baca Juga  Inter Miami akan memperkenalkan Luis Suarez kepada media pada 13 Januari 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *