Deteksi dini adalah kunci untuk mencegah kanker serviks.

Uncategorized39 Dilihat

CANTIKA.COM, Jakarta – Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Sub Spesialis Onkologi RS Pelni Yuri Fahasal mengatakan deteksi dini dan pengobatan yang cepat menjadi faktor kunci dalam mengatasi kanker serviks.

Ia mengatakan, kanker serviks dapat dideteksi dengan melakukan pemeriksaan untuk memastikan adanya tumor yang tumbuh di leher rahim. Dalam talk show online pada Sabtu 9 Maret 2024, beliau menyampaikan, “Posisi serviks adalah cara pemeriksaannya menggunakan alat dan metode khusus untuk melihat keadaan dinding rahim.”

“Dari pemeriksaan ini kita bisa menilai apakah ada tumor yang tumbuh di leher rahim. Dalam kondisi normal, permukaan leher rahim akan mulus tanpa ada pertumbuhan tumor.

Urie menjelaskan, 90 persen kanker serviks atau kanker serviks disebabkan oleh infeksi human papillomavirus (HPV).

Menurut dia, gejala umum kanker serviks antara lain pendarahan setelah berhubungan badan, pendarahan menstruasi yang berkepanjangan, keputihan yang berlebihan dan berbau tidak sedap, nyeri di daerah panggul, serta buang air kecil dan besar berdarah.

Sesuai rekomendasi Badan Kesehatan Dunia (WHO), upaya pencegahan kanker serviks meliputi pencegahan primer, sekunder, dan tersier. “Tahap awal dilakukan sebelum perempuan terpapar risiko terkena kanker serviks. Umumnya melalui vaksinasi,” kata Uri.

Ia mengatakan, pencegahan sekunder dilakukan setelah perempuan terpapar risiko, seperti setelah berhubungan seks. Jika Anda pernah berhubungan seks, tidak tepat menggunakan pencegahan primer dibandingkan pencegahan sekunder.

“Jika sudah terjadi kanker, maka harus dicegah agar kanker tidak bertambah parah sehingga harus segera dilakukan terapi yang disebut dengan pencegahan tersier,” ujarnya.

Pilihan Editor: Gejala kanker serviks, keluar cairan dari vagina hingga gatal

Hallo sahabat cantik, yuk update informasi untuk para wanita Telegram yang indah

Baca Juga  Larangan Sahur di Jalan Ramadhan di Berbagai Daerah, Apa Alasannya?

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *