Dengan kemenangan 6-0 atas Brunei, perjalanan timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026 masih panjang.

Uncategorized429 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaTimnas Indonesia Pada laga pertama babak pertama, mereka mengalahkan Brunei Darussalam 6-0. Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis, 12 Oktober 2023.

Pencapaian tersebut merupakan langkah awal menuju pentas Piala Dunia 2026, namun jalan yang harus ditempuh untuk meraih tiket ke babak final masih panjang. Brunei masih memiliki pertandingan leg kedua yang harus dimainkan di kandang sendiri. Kalaupun lolos, Indonesia tetap harus lolos ke babak kedua.

Melawan Brunei, Indonesia mencetak tiga gol melalui Dimas Drajad (7′, 72′, 90+2′). Ramadan Santa menyumbang dua gol (63′, 67′) dan satu gol lainnya dicetak Rizki Rido (12′).

Kemenangan ini masih harus dipertahankan pada leg kedua di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah, Bandar Seri Begawan, Brunei pada Selasa 17 Oktober. Indonesia hanya butuh hasil imbang atau berusaha keluar dengan selisih gol lebih dari lima untuk menghindari kemenangan.

Prospek lolos ke Piala Dunia 2026 lebih tinggi dibandingkan Piala Dunia sebelumnya. Pasalnya, Piala Dunia yang nantinya digelar di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko akan menambah jumlah peserta dari 32 negara menjadi 48 negara peserta.

Peningkatan jumlah negara peserta ini berarti seluruh benua akan mendapat tambahan kuota, termasuk Asia yang biasanya mengirimkan 4,5 delegasi, kali ini mengirimkan 8,5 delegasi. Jumlah tersebut berarti delapan negara Asia otomatis lolos dan satu negara bisa lolos ke babak play-off antar konfederasi.

Indonesia yang memulai babak pertama kualifikasi akan melaju ke babak kedua dan bergabung dengan Irak, Vietnam, dan Filipina di Grup F, dengan seluruh pertandingan akan dimainkan pada November, Maret 2024, dan Juni 2024. Pada babak ini, 36 tim akan dibagi menjadi 9 grup.

Baca Juga  Apartemen 404 dibintangi Jenny Blackpink di Prime Video.

Hanya Irak yang jauh dari perhatian karena negara di Timur Tengah itu berada di peringkat 69 dunia. Vietnam dan Filipina, peringkat 95 dan 132 dunia, sudah beberapa kali bertemu Indonesia di Piala AFF, atau bisa dibilang tim Garuda mengembangkan gaya bermain untuk mengalahkan dua tim Asia Tenggara tersebut. Negara.

Bertanding dalam format turnamen penuh di babak kedua, Indonesia harus mengamankan dua posisi teratas untuk lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026.

Babak ketiga akan diikuti 18 tim pemenang grup. Sama seperti pada babak kedua, pada babak ketiga juga dilakukan format turnamen penuh. Nantinya di babak ini, dua juara grup dan runner-up akan langsung lolos ke Piala Dunia 2026.

Jika suatu negara memenangkan grup dan gagal finis kedua di babak ketiga, jalan belum berakhir karena 6 tim yang finis ketiga dan keempat di setiap grup akan dibagi menjadi dua grup dan memasuki babak keempat untuk memainkan permainan (masing-masing grup memiliki tiga). kelompok). Babak keempat hanya akan dimainkan satu kali di tempat netral dan juara grup akan lolos ke Piala Dunia 2026.

Tak sampai disitu saja, runner up babak keempat tidak akan langsung tumbang karena keduanya saling berhadapan untuk merasakan atmosfer bermain di Piala Dunia. Juara kedua babak keempat selanjutnya akan memperebutkan sisa tiket di babak play-off konfederasi.

Meski begitu, Garrada masih harus menempuh banyak langkah untuk bisa mencapai pentas sepakbola dunia. Namun bukan berarti tidak bisa diabaikan karena saat ini di bawah kepemimpinan Shin Tae-yong, Indonesia sedang menunjukkan tajinya sebagai tim yang semakin membaik dalam beberapa tahun terakhir.

Berikutnya: Optimisme Shin Tae-yong

Baca Juga  Jose Mourinho yakin akan mengikuti jejak Cristiano Ronaldo di Arab Saudi.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *