Dengan asumsi Airlangga sukses, MKGR menilai Munas Golkar tidak mungkin digelar

Uncategorized64 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Organisasi pendiri partai GolkarMusyawarah Nasional Bersama Keluarga Koperasi (MKGR) alias Presiden Joko Widodo menilai dialog nasional atau konferensi nasional Partai Golkar yang tidak biasa tidak bisa digelar sebelum masa jabatan Jokowi berakhir. Ketua Umum DPP MKGR Adi Kadir memastikan Munas Partai Golkar tetap digelar pada Desember 2024.

“Membicarakan konferensi nasional sekarang tidak mungkin. Pertama, konferensi nasional itu sendiri tinggal beberapa bulan lagi.” Erlanga Hartarto di Restoran Batik Kuring, Jakarta Selatan, Minggu 17 Maret 2024.

Selain itu, Ketua Umum Partai Golkar Erlanga Hartarto dinilai sukses memimpin Partai Beringin, dan Munaslub dinilai tak punya urgensi untuk melakukannya. “Keberhasilan Ketum Erlanga sudah terlihat, terbukti, dirasakan oleh seluruh kader baik di tingkat pusat maupun kabupaten/kota,” kata Adi.

Bahkan, Wakil Ketua Komisi III DPR itu juga menyebut Erlanga tiga kali membawa kemenangan bagi Golkar. Pertama, Airlanga berhasil memenangkan 60 persen pemilihan presiden negara bagian seluruh Indonesia. Kedua, Irlanga berhasil mengalahkan calon presiden yang didukungnya, Prabowo Subianto. Ketiga, Erlanga berhasil mendongkrak perolehan suara Partai Golkar dari 85 kursi menjadi 102 kursi.

“Ketiganya ada, belum lagi yang diukur, jadi kalau kita bicara munas, saya kira jangan dibicarakan sekarang, sudah waktunya kita fokus saja pada munas,” dia dikatakan. Menyegarkan

Diketahui, selain Erlanga, ada beberapa nama yang maju menduduki jabatan Ketum Golkar. Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ketua MPR Bambang Sosatio, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Karthasamita, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, dan putra sulung Jokowi Gibran Rakabuming Raka disebut berpeluang menggantikan Ierlanga. Ia juga merupakan calon Wakil Presiden (Cawapres) pada tahun 2024.

iklan

Mengenai laporan surat kabar waktu Edisi Selasa, 12 Maret 2024 memberitakan rencana munas Golkar yang akan dilaksanakan sebelum Jokowi lengser. Isu munas sudah dimulai pertengahan tahun lalu, namun gagal karena mendapat tentangan dari pengurus Golkar daerah. Di tahun Mereka memilih fokus memenangkan pemilu 2024.

Baca Juga  Review Poco F4 GT: Spek, Kamera, dan Harga

Di sela-sela konferensi nasional, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengisyaratkan bakal mencalonkan diri sebagai ketua umum. Ia pun membenarkan dirinya merupakan kader Partai Beringin dan tidak pernah berpindah partai sejak bergabung pada 2009. “Saya tidak struktural. Tapi saya tidak pernah berpindah partai,” kata Bhalil pada 25 Juli 2023.

Ridwan Hijam Bahlil, anggota dewan pakar Partai Golkar, mengaku mendengar informasi dirinya didesak menjadi Ketua Umum Golkar pada munas yang digelar tahun ini. Ridwan, Ketua Munas Golkar, mengatakan masa jabatan Jokowi bisa dipercepat jauh sebelum berakhir pada 20 Oktober. “Ini bukan munas, ini kelanjutan munas karena sudah memasuki tahun 2024,” kata Ridwan, 3 Maret lalu.

John Maharso | Andi Adam

Pilihan Redaksi: Golkar minta 5 kursi menteri di kabinet Prabowo, Gerindra: Tidak pernah 5, mungkin lebih



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *