Demokrat Kritisi Anggaran IKN Sampai Rp40 T di 2024: Jangan Hanya Mengejar Seremonial

Tak Berkategori201 Dilihat

Selasa, 22 Agustus 2023 – 14:36 WIB

Jakarta – Fraksi Partai Demokrat di DPR RI mengkritisi anggaran Ibu Kota Negara (IKN) yang ditetapkan dalam Rancangan APBN (RAPBN) 2024 senilai Rp 40 triliun. Anggota Komisi IV dari Fraksi Demokrat Suhardi Duka menyebut anggaran itu terlalu besar.

Baca Juga :

PPP Heran PDIP Lempar Wacana Duet Ganjar-Anies: Apa dalam Konteks Guyon

Dia meninta agar pemerintah tidak terlena dengan kegiatan yang bersifat seremonial. Ia mengatakan demikian karena mesti menyesuaikan dengan pemerataan daerah lain.

“Anggaran IKN sebesar Rp 40 triliun sangat besar, jika kita kontraskan dengan pembangunan pemerataan daerah lain. Jangan sampai pembangunan dimaksud hal yang mengejar seremonial saja, seperti upacara bendera tahun depan di IKN. Namun, aspek kualitas pembangunan kurang diindahkan,” kata Suhardi dalam Rapat Paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 22 Agustus 2023. 

Baca Juga :

Panas! Elite PDIP Serang Budiman Sudjatmiko: Punya Utang Miliaran hingga Minta Jatah Menteri

Presiden Jokowi dan Menteri di Titik Nol IKN (Foto/Sekretariat Presiden)

Suhardi meminta pemerintah tidak gegabah. Ia mengingatkan, bahwa pembangunan yang terencana sesuai prosedur bakal menghasilkan kualitas jangka panjang.

Baca Juga :

Megawati Kunjungi Kantor DPD PDIP DIY Ditemani Ganjar, Temui Kader Banteng

Dia pun lantas membandingkan dengan pembangunan tol Trans Sumatera yang kualitasnya teramat jauh dari harapan.

Lebih lanjut, dia mengingatkan pemerintah tak terjebak soal pengeluaran negara sehingga tak hanya tersedot dalam pembayaran utang. Ia khawatir nanti anggaran untuk belanja rutin berkurang dan kemampuan fiskal menjadi terbatas.

Halaman Selanjutnya

Apalagi, dia menyinggung, setelah restrukturisasi BUMN, hinggi kini belum terlihat hasil efektifnya dalam menambah keuangan negara. “Di satu sisi, beban negara bertambah melalui penambahan PMN,” imbuhnya.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *