Daftar Finalis Miss Universe Indonesia 2023

Tak Berkategori272 Dilihat

Losergeek.org.CO, Jakarta – Kontes kecantikan Miss Universe Indonesia 2023 telah selesai dilaksanakan pada Kamis, 3 Agustus 2023. Setelah melewati berbagai tahap, dari audisi hingga karantina, terpilih satu orang peserta terbaik yang berhasil menyabet gelar Miss Universe Indonesia 2023. Perwakilan DKI Jakarta, Fabienne Nicole Groeneveld keluar sebagai juara setelah mengalahkan 29 peserta lainnya. 

Dengan gelar ini, Fabienne Nicole akan mewakili Indonesia di ajang Miss Universe Global yang direncanakan digelar di El Salvador pada 18 November 2023 mendatang. Siapa saja daftar finalis Miss Universe Indonesia 2023? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Sejarah Miss Universe Indonesia

Melansir dari situs resminya, Miss Universe Indonesia dibentuk menyusul JKN Global Group, konglomerat media dan konten dari Thailand, yang resmi mengumumkan akuisisi Miss Universe Organization pada Oktober 2022. Pengumuman tersebut disampaikan oleh Jakkapong “Anne” Jakrajutatip, CEO perusahaan sekaligus pemegang saham utamanya.

JKN Global Group membeli lisensi dari Miss Universe Organization seharga USD 20 juta atau sekitar Rp 311,2 miliar. Tentunya hal ini berdampak pada kontes Miss Universe di Indonesia. Sebelumnya, lisensi kontes kecantikan untuk mengirim wakil Indonesia ke ajang Miss Universe Global ini dipegang oleh Yayasan Puteri Indonesia. Tetapi, setelah akuisisi tersebut, lisensi Miss Universe Indonesia pun berpindah tangan di bawah naungan PT Capella Swastika Karya.

Di bawah naungan PT Capella Swastika Karya, Poppy Capella selaku Chief Executive Officer (CEO) PT Capella Swastika Karya, pun ditunjuk sebagai Direktur Nasional Miss Universe Indonesia. Dia bekerja sama dengan beberapa pihak untuk menggelar kontes kecantikan ini. Seperti Saffa Attamimi, Niel Dimitrij, dan Slam Wiyono. Miss Universe Indonesia juga diharapkan menjadi kontes kecantikan terdepan dan inklusif yang menyambut semua suku, budaya, latar belakang, dan agama.

Miss Universe Indonesia 2023 Fabienne Nicole. Foto: Instagram Miss Universe Indonesia.

Daftar Finalis Miss Universe Indonesia 2023

Miss Universe Indonesia 2023 diikuti oleh 30 peserta dari berbagai perwakilan provinsi di Indonesia. Adapun daftar finalisnya adalah sebagai berikut:

– Zahira: DKI Jakarta

– Angela Yovita Lilo: Kepulauan Riau

– Baby Kristami Coriesza Nauli: DKI Jakarta

– Putu Chelsea Ivana Maida: Bali

– Dinda Alifah Ayudita: Sumatera Selatan

– Eugenia Liviana Irwan: Jawa Timur

– Fabienne Nicole Groeneveld: DKI Jakarta (pemenang)

– Fayza Fahria Khaldani: Banten

– Grace Bersyeba Martina Haba: Maluku

– Novia Irma Grecia Hutapea: Sumatera Barat

– lma Fitriana H: Jawa Tengah

– Jezneel Ross: DKI Jakarta

– Lola Nadya Larasati Pasaribu: Bali

– Marsya Rarentewan: Sulawesi Utara

– Muthia Fatika Rachman: Jawa Barat

– Ni Kadek Natasha Lilian Ari Rudana: Bali

– Natasha Keniraras: Jawa Timur

Iklan

– Priskilla Jelita Tamariska: Jawa Barat

– Puput Putri Utami: DKI Jakarta

– Desak Putu Ratih Widhiarta: Jawa Barat

– Rosalina Permata Mulya: Kalimantan Selatan

– Ruth Hillary Siagian: Sumatera Utara

– Shania Binti Mahir Hamdun: DI Yogyakarta

– Wirda Sheren Regina Simamora: Kalimantan Selatan

– Catherina Sherly Meliana Hananto: Jawa Timur

– Stella Vidyasari: Kepulauan Riau

– Vania Valencia: DI Yogyakarta

– Vensca Veronica Tanus: Gorontalo

– Vina Anggi Sitorus: Sumatera Utara

– Widi Asih Utami: Sulawesi Tengah

Skandal Miss Universe Indonesia 2023

Setelah gelaran Miss Universe Indonesia 2023 selesai dilaksanakan, terkuak beberapa skandal yang dituduhkan dalam penyelenggaraannya. Skandal pertama adalah tentang tinggi badan Fabienne Nicole, pemenang Miss Universe Indonesia 2023, yang disebut tidak memenuhi syarat. Sebelumnya, penyelenggara mensyaratkan tinggi badan peserta minimal 168 cm. Namun, tinggi badan Fabienne disebut tidak sampai 160 cm.

Skandal tersebut pun ditanggapi oleh Poppy Capella dengan mengungkapkan bahwa dia telah menghilangkan aturan tinggi badan untuk para peserta. “Untuk menjaga integritas kompetisi lokal kami dan mengakomodasi semua pemenang dari tingkat provinsi, saya telah memutuskan untuk menghapus persyaratan tinggi badan minimum,” tulis Poppy Capella dalam surat yang diunggah di Instagram Miss Universe Indonesia, Senin pagi, 7 Agustus 2023.

Skandal kedua adalah tentang isu suap yang diungkapkan oleh Rizky Ananda Musa, Province Director Jawa Barat. Diduga, penyelenggara menerima uang mencapai Rp 5 miliar agar bisa memenangkan Fabienne Nicole. Namun, Poppy Capella membantah hal tersebut melalui unggahan di Instagram Miss Universe Indonesia.

“Kami ingin dengan tegas menyatakan bahwa klaim ini tidak berdasar dan salah. Organisasi kami membanggakan diri dan menjunjung tinggi standar keadilan, transparansi,dan profesionalisme tertinggi dalam setiap aspek operasi kami,” tulis Poppy Capella.

Adapun skandal selanjutnya adalah tentang dugaan kasus pemotretan tanpa busana yang dialami oleh kontestannya. Bahkan, kasus ini membuat penyelenggara Miss Universe Indonesia dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan tindak kekerasan dan pelecehan seksual oleh korban. Menanggapi hal itu, Poppy Capella pun kembali buka suara melalui unggahan Instagram pribadinya.

“Kami telah melakukan investigasi dan memeriksa hal-hal yang dituduhkan kepada kami yang mana kami mengetahui hal tersebut dari media massa. Kami akan segera mengambil sikap maupun tindakan yang diperlukan terkait permasalahan ini agar menjadi jelas dan terang kebenarannya,” tulis Poppy Capella dalam unggahannya, Selasa, 8 Agustus 2023.

RADEN PUTRI| MISSUNIVERSE

Pilihan Editor: Kronologi Isu Pemotretan Tanpa Busana Miss Universe Indonesia Terungkap



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *