Cuaca hari ini termasuk kemarau di Jakarta dan sekitarnya, belum juga turun hujan?

Uncategorized278 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Hari ini Selasa 19 Desember 2023 Jakarta tidak hujan. Ini sudah berlangsung selama seminggu penuh. Cuaca Hari tanpa hujan di sela-sela musim hujan disebut Erma Ulihastin, peneliti iklim Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Sihir kering.

Prakiraan Cuaca BMKG Hari ini Jakarta akan berawan dan cerah sepanjang pagi. Hampir seluruh wilayah akan cerah tanpa awan pada siang ini. Hanya Jakarta Barat yang diprakirakan cerah berawan.

Pada malam hari, wilayah cerah dan berawan meningkat di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Selebihnya, yakni Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu malam ini masih cerah dan tidak berawan. Bahkan sampai subuh.

Suhu di Jakarta hari ini diperkirakan bervariasi dari paling rendah 25 derajat hingga paling tinggi 33 derajat Celcius.

Cuaca Bodetabek

Cuaca cerah sebagian wilayah sekitar Jakarta mulai pagi ini. Yakni Kota Bogor, Kota Tangerang, Tigaraksa (Kabupaten Tangerang) dan Serpong (Kota Tangsel).

Selebihnya yakni Bekasi, Sibinong (Kabupaten Bogor) dan Depok, menurut prakiraan cuaca BMKG, akan cerah berawan sepanjang pagi ini.

Cuaca cerah berawan sore ini akan disandingkan dengan Kota Bogor, Bekasi, Depok, dan Sibinong. Sedangkan Tangerang Raya akan tetap cerah tanpa awan.

Suhu maksimum siang hari diperkirakan mencapai 36 derajat Celcius pada sore hari ini di Kota Tangerang. Ini adalah gambar teratas di Jabodatabase.

Untuk wilayah lainnya, Tigaraksa dan Serpong, BMKG memperkirakan suhu harian maksimal 35 derajat. Sedangkan di Bekasi, Sibinong, dan Depok suhu tertingginya mencapai 34 derajat Celcius.

iklan

Awan baru akan datang ke Tangerang Raya pada malam hari dengan cuaca cerah berawan.

Awan juga diperkirakan meningkat di Kota Bekasi, Sibinong, Depok, dan Bogor. Seperti halnya BMKG, cuaca akan mendung pada penutupan hari ini. Berpeluang hujan, bahkan hujan ringan lebat pun terjadi di Bekasi.

Baca Juga  Timnas Jepang Kalahkan Vietnam 4-2 di Piala Asia 2023: Hajime Moriasu Akui Ada Masalah, Philippe Trossier Puas

Surat kering

kata Erma Ulihastin. Sihir kering Atau saat musim hujan di bulan Desember, hari kemarau tanpa hujan tidak hanya terjadi di Jabodetabek. Namun, hal ini terjadi di sebagian besar kelas Java.

Erma yang mengutip penjelasannya di media sosial X mengatakan penyebabnya adalah puncak El Niño. Selain itu, masuknya udara kering dari selatan Samudera Hindia ke Pulau Jawa dan Australia saat ini bersuhu hangat.

Menurut dia, efek El Nino baru berkembang pada Desember akibat mendinginnya suhu permukaan laut di lapisan termoklin dekat Papua pada Desember-Januari. Hal ini berbeda dengan suhu permukaan laut di Samudera Pasifik.

“Sebelumnya wilayah dekat Papua masih hangat, sisa-sisa La Niña belum hilang,” jelas Erma.

Ahli klimatologi Puslitbang Iklim dan Atmosfer BRIN ini menunjukkan data rekaman hari tanpa hujan di Jakarta yang terjadi sejak 12 Desember. Dia mengatakan data menunjukkan. Surat kering Hal itu terjadi terus-menerus.

Pilihan Editor: Jakarta Smart Center membantah JAKI menjadi korban peretas setelah dilantik Anis saat debat Pilpres.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *