Chemlinti terjemahan bahasa Jawa telah tersebar di media sosial dan sinonimnya.

Uncategorized162 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaBelakangan ini istilah ‘Kmilanti’ berkali-kali disebut di media sosial, khususnya TikTok. Jadi apa sebenarnya arti Chemlinity? bahasa jawa?

Secara linguistik Kemlinti berasal dari bahasa Jawa, namun bukan bahasa Jawa baku, melainkan kata yang sudah berkembang dan sering digunakan oleh masyarakat setempat.

Jika dianalogikan kita mengenal zelang yang berkembang dalam bahasa Indonesia dan banyak digunakan oleh masyarakat.

Nah, seperti Kemlinti yang merupakan dialek atau dialek yang sering digunakan dibandingkan dialek Semarangan dan Jawa biasa.

Dialek Semarang merupakan dialek yang berkembang di daerah Semarang dengan ciri khas tersendiri. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui lebih jauh mengenai pengertian Chemlinti:

Terjemahan Chemlinti dalam bahasa Jawa

Chemlinti artinya ‘palsu’. Dalam konteks penggunaannya, chemlinty dalam bahasa Jawa menggambarkan ciri-ciri seseorang. Bangga.

Konteks penggunaan kata Khemlinti dekat dengan perasaannya bahwa dirinya mempunyai segalanya dan lebih baik dari orang lain. Dalam terminologi yang sering digunakan saat ini, arti Kemant sama dengan ‘Lagu’.

Bedanya, Belagu adalah bahasa Jawa dan Kemlinti adalah bahasa Jawa. Meski berbahasa Jawa, kosakata Kemlinti lebih mengarah ke dialek Semarangan.

Salah satu ciri dialek semarang adalah adanya singkatan kata. Misalnya dari kata uang menjadi det. Hal ini dibenarkan oleh Hartono Samijan yang menjelaskan dalam bukunya bahwa bahasa Samarangan cenderung memendekkan kata.

Sinonim Kemlinthi

iklan

Sinonim Camlinti adalah Kementhus. Seperti Chemlinti, Cmentus artinya berani dan pintar. Ia sering melakukannya secara berlebihan untuk membuat dirinya tampil sangat pintar dan berani. Bedanya, kenthus biasanya dikaitkan dengan orang yang telah mencapai masa pubertas atau menginjak usia dewasa.

Sinonim lain dari Kemlinti adalah Kemlankang yang artinya sombong. Dalam konteks pemakaiannya, khemlankang berarti belum ada tanda, belum ada tanda, tetapi sudah mulai bergerak.

Baca Juga  Di sela-sela pemusatan latihan di Turki, para pemain timnas Indonesia melaksanakan salat Jumat berjamaah di Antalya.

Lain yang mirip dengan Kamlinti adalah Kumalangkung dengan sajian yang lebih elegan atau dalam dialek masa kini disebut Lebai.

Intinya, istilah-istilah ini digunakan untuk menggambarkan sikap laki-laki yang berkonotasi negatif. Dalam hal ini dia sombong, banyak wataknya dan hal-hal buruk lainnya.

Meski berasal dari bahasa Jawa, Kemlinti kini menjadi kata yang sering digunakan untuk menyoroti lingkungan politik di Indonesia.

Demikian informasi mengenai Pengertian dan Sinonim Chemlinty. Semoga menambah wawasanmu ya.

Aula ULVA

Pilihan Editor: Asal Usul Singkong Indonesia dan Berbagai Namanya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *