Cara membuat CV lamaran kerja yang baik beserta contohnya

Uncategorized522 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaPelajari cara melakukannya daftar riwayat hidup (CV) Lamaran kerja merupakan langkah penting dalam perjalanan pencarian kerja. CV dapat dianggap sebagai alat utama untuk mencari peluang kerja.

Oleh karena itu, CV yang Anda kirimkan adalah hal pertama yang diperhatikan perekrut perusahaan, dan sangat memengaruhi kesan pertama mereka terhadap Anda.

CV yang baik dan informatif akan menarik perhatian manajer perusahaan dan tim HR yang bertanggung jawab merekrut karyawan baru. Berdasarkan bentuk dan isi CV Anda, perusahaan akan menilai kesesuaian Anda untuk melanjutkan ke level berikutnya.

Cara membuat CV lamaran kerja dengan mudah

CV yang baik adalah kunci untuk menarik perhatian pemberi kerja dan menyajikan gambaran yang jelas tentang kualifikasi dan pengalaman Anda. Ini panduannya Cara membuat CV Mencerminkan potensi Anda:

1. Informasi kontak

Mulailah dengan meletakkan informasi kontak Anda di bagian atas CV Anda. Pastikan untuk menyertakan nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email yang mudah diakses.

2. Ringkasan profil pribadi

Selanjutnya, buatlah ringkasan singkat tentang diri Anda. Di bagian ini, Anda dapat menjelaskan siapa Anda, keterampilan utama apa yang Anda miliki, dan tujuan karier apa yang ingin Anda capai. Pastikan Anda memberikan deskripsi yang kuat tentang profil Anda tanpa berlebihan.

3. Sejarah pendidikan

Persiapkan riwayat pendidikan Anda dari jenjang pendidikan sebelumnya. Cantumkan detail seperti nama institusi, jurusan, tahun kelulusan dan prestasi akademik (jika ada).

4. Pengalaman kerja

Lanjutkan dengan mencantumkan pengalaman kerja Anda secara terbalik, dimulai dengan pekerjaan terbaru Anda. Untuk setiap jabatan, jelaskan nama perusahaan, posisi yang Anda pegang, lamanya Anda bekerja di sana, dan tanggung jawab atau pencapaian apa pun yang Anda miliki selama bekerja di sana.

Baca Juga  Yekaterina Duntsova dilarang mencalonkan diri melawan Vladimir Putin dalam pemilihan presiden Rusia.

5. Profesional

Jangan lupa untuk menonjolkan keahlian unik Anda yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Hal ini dapat menambah kemampuan bahasa asing, penguasaan software tertentu, keterampilan teknis dan lainnya untuk daya tarik aplikasi Anda.

6. Prestasi penting

Selanjutnya, sertakan informasi lebih detail jika Anda memiliki proyek atau pencapaian khusus yang dapat mendukung lamaran Anda. Ini memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang keahlian Anda dan membuat CV Anda lebih menonjol.

7. Fungsi dan organisasi

Jika Anda memiliki pengalaman dengan organisasi, kegiatan sukarela, atau kegiatan ekstrakurikuler yang relevan dengan posisi yang Anda lamar, penting untuk menyertakannya. Ini menunjukkan keterlibatan dan keterampilan kepemimpinan Anda dalam berbagai situasi.

8. Sertifikat dan pelatihan

Penting untuk secara spesifik menyebutkan sertifikasi atau pelatihan relevan yang Anda miliki. Informasi ini menambah nilai pada profil Anda dan membantu pemberi kerja memahami keterampilan Anda.

9. Desain dan format

iklan

Pilih format CV Anda yang bersih dan mudah dibaca. Hindari penggunaan terlalu banyak warna atau font yang tidak profesional. Pastikan struktur CV mudah bagi pembaca. Pengusaha sering kali menganggap CV ATS lebih mudah diproses. Memindai.

10. Periksa kembali CV Anda

Selalu luangkan waktu untuk memeriksa ulang CV Anda dan pastikan tidak ada kesalahan tata bahasa atau ejaan. Selain itu, mintalah orang lain untuk membantu Anda memeriksa CV Anda, karena pandangan orang lain dapat memberikan perspektif yang berharga.

Tips membuat CV

Membuat CV yang efektif merupakan langkah penting dalam mendapatkan pekerjaan. Berikut beberapa tips untuk membantu Anda membuat CV yang menarik:

1. Pilih pengalaman yang sesuai

Saat membuat CV Anda, pilih dengan cermat pengalaman yang relevan untuk posisi yang Anda lamar. Misalnya, jika Anda melamar sebagai Perancang grafisSertakan proyek desain terkait, seperti pembuatan logo untuk perusahaan.

Baca Juga  Presiden Bullough memperpanjang bantuan makanan hingga akhir tahun.

Lulusan baru Itu bisa mencakup tanpa pengalaman Keterampilan keras Atau Keterampilan lunak Dikuasai semasa kuliah.

2. Gunakan kata kunci

Optimalkan CV Anda ke tempat Anda melamar dengan memasukkan kata kunci yang relevan. Misalnya, jika Anda melamar sebagai Spesialis SEOTambahkan kata kunci seperti SEO, SEM, penulis konten, dan copywriter. Hal ini memperkuat kesan bahwa Anda memiliki kualifikasi yang diperlukan.

3. Lihat tata bahasa

Pastikan CV Anda bebas dari kesalahan ketik dan kesalahan tata bahasa, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Bacalah lagi secara perlahan atau mintalah teman untuk memeriksanya.

4. Gunakan font profesional

Pilih font profesional seperti Times New Roman, Arial atau Calibri. Font ini umumnya berukuran antara 10 dan 12 poin. Penggunaan font yang tepat akan memudahkan pemberi kerja membaca CV Anda.

5. Buat CV Anda jelas

Usahakan tidak melebihi tiga halaman. Cantumkan informasi pribadi secara singkat tanpa membuatnya terlalu panjang, dan jika Anda ingin menyertakan pernyataan pribadi, jelaskan kelebihan Anda.

Kayla Nejimi Ehsani

Pilihan Editor: Cara membuat kurikulum dan hal-hal yang perlu diperhatikan



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *