BPJS Kerja meluncurkan fitur JMO baru untuk pekerja migran Indonesia

Uncategorized343 Dilihat

informasi nasional – Dalam rangka memperingati Hari Migran Internasional yang jatuh pada tanggal 18 Desember, BPJS Ketenagakerjaan meluncurkan fitur baru pada layanan aplikasi digitalnya, Jamsostek Mobile (JMO), khusus untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI). Fitur ini pertama kali diperkenalkan oleh Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Roswitha Nilakurnia pada acara “Sehari Bersama Pekerja Migran Indonesia” yang diadakan di Kota Medan, Sumatera Utara pada tahun 2018. Diperkenalkan 17 Desember 2023.

Menurut Roswitha, jumlah PMI yang terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan hingga November 2023 mencapai 458 ribu pekerja atau sekitar 10% dari total jumlah PMI. Kebanyakan dari mereka sudah berada di luar negeri sehingga diperlukan akses untuk memudahkan pendaftarannya.

“Upaya untuk lebih mendekatkan diri dengan pekerja migran Indonesia akan terus kami lakukan. Mereka adalah pahlawan devisa negara, dan meski bekerja jauh dari tanah air, mereka berhak mendapatkan perlindungan kerja jaminan sosial,” kata Roswitha.

Fitur baru pertama di JMO adalah “Click to Call” yang memungkinkan seluruh PMI mengakses informasi dan pengaduan dengan langsung menghubungi Call Center BPJS Ketenagakerjaan di dalam negeri maupun di luar negeri.

iklan

Fitur kedua memungkinkan PMI mengajukan klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) melalui JMO. Hal ini merupakan perluasan dari saluran klaim elektronik PMI yang sebelumnya hanya tersedia melalui portal web. Inisiatif terbaru adalah kemudahan pembukaan rekening bank melalui JMO, kerjasama awal dengan Bank BRI dan rencana melibatkan bank lain.

Perekrutan BPJS ini menunjukkan kesiapan mereka dalam memberikan pelayanan prima kepada seluruh PMI, baik di Indonesia maupun di negara penugasan. Melalui Jamsostek Mobile, PMI diharapkan dapat melakukan pendaftaran secara digital, mempermudah proses klaim dan mendapatkan perlindungan yang lebih baik.

Baca Juga  Kasus ASN Kota Bekasi dari Jersey Nomor 2 Diusut Bawaslu: Bukan Pelanggaran Pemilu

Pj Gubernur Provinsi Sumut yang diwakili oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumut Abdul Haris Lubis menghadiri kegiatan “Sehari Bersama Pekerja Migran Indonesia”. Abdul Haris menyampaikan dukungan penuh terhadap perlindungan PMI dari Pemerintah Provinsi Sumut dan mewajibkan setiap PMI menjadi peserta rekrutmen BPJS sebelum berangkat ke luar negeri.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *