BMKG memperkirakan angin kencang dan hujan akan terjadi di banyak provinsi di Indonesia

Uncategorized408 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaBadan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Selasa mengeluarkan peringatan dini terjadinya hujan lebat disertai angin kencang bagi warga di beberapa provinsi di Indonesia.

Berdasarkan laman BMKG, hujan lebat pada Selasa diperkirakan terjadi di Provinsi Aceh, Banka Belitung, Banten, Gorontalo, Jambi, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Nusa Tenggara Timur (NTT), Papua . , Papua Barat.

Peringatan serupa juga dikeluarkan untuk Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara.

Sedangkan provinsi Bali, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Maluku Utara diprediksi akan menghadapi angin kencang.

Kepala BMKG Diwikoro Karnawati mengimbau masyarakat mewaspadai bahaya iklim dan hidrometeorologi yang mengancam sebagian besar wilayah Indonesia hingga Februari 2024.

Cuaca buruk ini mungkin terjadi pada puncak musim hujan pada Januari dan Februari. Potensi hujan lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi masih besar di sebagian besar wilayah Indonesia, ujarnya. .

Ia mengimbau masyarakat yang tinggal di dataran tinggi atau daerah rawan longsor dan banjir untuk mewaspadai dampak seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang, dan berkurangnya jarak pandang.

“Baik sebelum maupun sesudah pergerakan, kami mengimbau masyarakat untuk selalu memperhatikan informasi cuaca yang diberikan secara resmi oleh BMKG. Sehingga jika sewaktu-waktu terjadi cuaca buruk akan lebih dapat diprediksi,” kata Karnawati.

Guswanto, Wakil Direktur Meteorologi BMKG, mengatakan hujan sedang hingga lebat mungkin terjadi di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur pada 20-23 Januari di wilayah Jawa.

Sementara Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat pada 24-26 Januari.

Baca Juga  Review Poco F4 GT: Spek, Kamera, dan Harga

di antara

Pilihan Editor: Negara dengan rata-rata tinggi badan tertinggi dan terpendek di dunia

klik disini mencari Update berita terkini dari Tempo di Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *