Baut pada mobil Toyota Century 12 kali lebih panjang dibandingkan mobil lainnya.

Uncategorized551 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Hiroshi Tanaka, salah satu tim produksi Toyota Century mengatakan proses produksi SUV mewah ini sangat ketat. Bahkan, ia mengklaim baut pada Toyota Century 12 kali lebih panjang dibandingkan pada mobil Toyota lainnya.

“Masing-masing mur dan baut dikencangkan secara bersamaan dengan alat pengencang. Pertama kita menggunakan jig untuk mengencangkan dengan tangan, kemudian dikencangkan kembali dengan alat pengencang agar mendekati target torsi. Terakhir, kita menggunakan kunci momen digital. Nilai torsi manual diunggah ke komputer untuk mendapatkan poin akhir. Karskop Hari ini Rabu, 29 November 2023.

Selain itu, dalam praktiknya hal ini lebih sulit dari kedengarannya, terutama pada bagian bawah kendaraan, nilai torsinya akan lebih tinggi. Menurutnya, seluruh bodi harus dibuat kaku sehingga sulit melakukan penyesuaian dengan baik di bagian mana pun yang membutuhkan torsi lebih dari 150 Nm.

Artinya, pengetatan komponen besar dapat memakan waktu hingga satu menit, 12 kali lebih lama dibandingkan lima detik yang dibutuhkan untuk mengencangkan baut dan mur pada kendaraan lain. Artinya Toyota hanya memproduksi tiga unit Century per hari.

Selain itu, Tanaka mengungkapkan ada beberapa prosedur ketat yang harus dipenuhi dalam perakitan Toyota Century. Century dirakit oleh tim yang terdiri dari 40 pekerja terampil yang dipilih dari 1.500 pekerja.

Tanaka menjelaskan, para pekerja tersebut harus lulus kursus wajib dan lulus ujian sertifikasi. Ujian ini terdiri dari tiga modul, yaitu penilaian awal keterampilan dasar, ujian tertulis yang mencakup sejarah kelas, penerimaan kendaraan dan topik terkait, serta ujian praktik untuk menunjukkan kemahiran dalam membangun kamar mewah.

“Ujian tertulisnya lebih sulit dibandingkan ujian praktek, saya punya 200 soal, tapi saya berhasil lulus. Saya belajar banyak hal baru dari sejarah Toyota dan Century, saya belajar teknik pembuatan mobil yang unik dan berkualitas,” kata Tanaka. .

Baca Juga  KPK mencari Ketua Komisi IV DPR Sudin dalam kasus SYL.

iklan

Di jalur perakitan Century, pekerja dibagi menjadi empat departemen khusus, yakni Trim yang bertugas mengelola bagian-bagian seperti panel instrumen dan atap. Kemudian unit sasis bertanggung jawab atas beban mesin, suspensi, dan integrasi baterai PHEV.

Lalu ada ruang perakitan akhir yang menampung jok, pintu dan jendela. Terakhir, ada bagian Tuning/Fluids yang menangani fungsi seperti pendinginan mesin dan sistem pengereman.

Dicky Kurniawan | teleskop

Pilihan Editor: Toyota Rangga Concept Production Version yang dirilis di Thailand dijuluki Hilux Champ.

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Datang dan bergabunglah keanggotaan.tempo.co/komunitas Pilih grup GoOto



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *