Bagasi modern bisa membahayakan penerbangan, berikut peraturan Kementerian Perhubungan.

Uncategorized114 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaMenteri Transportasi Buat aturan untuk digunakan Bagasi pintar atau bagasi pintar saat terbang. karena Bagasi pintar Pesawat ini menggunakan baterai litium yang dapat membahayakan penerbangan.

Dalam keterangannya kepada Tempo, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, M Christie Aah Murni mengatakan, “Meskipun smart bagasi menawarkan banyak manfaat, memahami peraturan penerbangan adalah kunci untuk memastikan perjalanan yang aman, nyaman, dan nyaman.” Senin 29 Januari 2024.

Kemajuan teknologi Christie telah mendorong terciptanya produk baru seperti koper modern. Namun kandungan baterai litium pada bagasi pintar dapat berbahaya bagi operasional penerbangan jika kandungan logam litium melebihi batas yang ditentukan.

Aturan ini tidak dimaksudkan begitu saja. Bagasi pintar Hanya saja, namun tidak semua, produk baterai litium melebihi batas wajar yaitu 0,3 gram logam litium atau memiliki kapasitas lebih dari 2,7 watt-jam. Aturan tersebut berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor SE 02 Tahun 2023 Tahun 2023 tentang Kehati-hatian Terhadap Baterai Lithium Dan Peralatan Yang Mengandung Baterai Lithium.

iklan

Inti dari aturan ini adalah penumpang dilarang membawa baterai litium non-removable di dalam bagasi. Penumpang diperbolehkan membawa baterai lithium yang tidak dapat dilepas ke dalam bagasi, namun harus mendapatkan izin dari maskapai penerbangan pada saat check-in. Artinya kapasitas dan kandungan logam litium tidak boleh melebihi 0,3 gram.

Peraturan ini juga menyatakan bahwa bagasi yang berisi baterai lithium yang dapat dilepas harus dikeluarkan terlebih dahulu pada saat check-in dan baterai tersebut harus dibawa ke dalam kabin. Syaratnya, baterai harus berkapasitas kurang dari 100 watt.

Tentu saja peraturan yang kami buat berdasarkan peraturan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional atau ICAO, dan kami ingin memastikan bahwa pengguna dapat menikmati seluruh fitur bagasi modern tanpa melanggar peraturan yang ada, kata Christie.

Baca Juga  Tempo Witness meraih WAN IFRA Digital Media Award Asia untuk kategori Best Faith Initiative



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *