Asal Usul Pentathon, Olahraga Super Dahsyat di Asian Games 2023

Uncategorized578 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Seperti dalam acara olahraga Asian Games 2023Banyak cabang olahraga seru yang dipertandingkan. Namun salah satu yang paling banyak bocor adalah Pentalon. Olahraga ini menggabungkan 5 cabang olahraga. Mulai dari lari, berenang, anggar hingga menembak, atlet harus memiliki banyak keterampilan dan kekuatan fisik untuk menang.

Pancalomba Ini pertama kali muncul di Yunani kuno. Lihat halamannya Britannica.com Pentathlon meliputi lomba lompat jauh, cakram, lembing, dan gulat.

Pentathlon Yunani diadaptasi ke atletik modern dengan memperluas jarak lari cepat 200 meter dan mengganti nomor gulat dengan lari 1.500 meter. Acara ini diikutsertakan dalam Olimpiade dari tahun 1912 hingga 1924.

Pentathlon Yunani kuno terdiri dari lima nomor, lari cepat sekitar 200 meter, lempar lembing, lempar cakram, lompat jauh, dan gulat. Pemenang pentathlon dianggap sebagai juara atletik sejati.

Setelah menghilang selama beberapa abad, pentathlon kembali hadir di Olimpiade modern. Pierre de CoubertinPendiri Olimpiade modern memasukkan pentathlon sebagai olahraga utama dalam Olimpiade pertama yang diadakan di Athena pada tahun 1896.

Awalnya pentathon dilaksanakan selama lima hari, kemudian pada tahun 1984 menjadi empat hari dan pada tahun 1996 menjadi satu hari.

Mengutip olimpiade.com Pentathlon modern terdiri dari lima disiplin ilmu, berbeda dengan versi Yunani kuno. Ini adalah kompetisi round-robin yang terdiri dari Epee Dulles satu menit satu sentuhan yang terdiri dari anggar. Ada pula perlombaan renang gaya bebas menempuh jarak 200 meter.

Pentathlon juga memadukan disiplin menembak dan lari. Peserta bergantian antara tiga putaran dengan lima sasaran dan lari 1.000 meter dalam periode 70 detik.

Hal lainnya adalah menunggang kuda. Pesaing menarik kuda asing untuk kompetisi Tunjukkan lompatan 12 rintangan pada lintasan 350 hingga 450 meter.

Baca Juga  Albertina Ho Melapor ke Dewas KPK Ibarat Makan Jeruk, Nurul Gufron: Biarlah Rakyat yang Hakim yang menilai

Pentathlon modern berubah seiring waktu. Namun pokoknya sama, yakni menguji atlet dengan skill dan kemampuan berbeda.

Pentathlon telah menjadi lencana kehormatan di Olimpiade modern, dan atlet yang memenangkan medali pentathlon sering dianggap sebagai atlet serba bisa. Olahraga ini memiliki komunitas yang kuat di seluruh dunia dan merupakan bagian integral dari Olimpiade.

kecuali itu, Pentathlon modern Hal ini juga berpengaruh dalam menciptakan olahraga modern yang lebih serbaguna. Konsep penggabungan berbagai disiplin ilmu dalam satu perlombaan menginspirasi olahraga atletik lainnya seperti triathlon dan heptathlon.

Pilihan Editor: Asian Games 2023: Timnas U-24 Indonesia hari ini akan bermain di Uzbekistan pada babak 16 besar.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *