Apa itu infrastruktur? Berikut Pengertian, Jenis, Fungsi dan Manfaatnya

Uncategorized345 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaKetika Anda mendengar kata itu InfrastrukturHal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah bangunan yang mewadahi kehidupan bermasyarakat. Sederhananya, infrastruktur adalah sesuatu yang dibangun untuk tujuan sosial dan ekonomi.

Pemerintah Indonesia telah melaksanakan proyek infrastruktur di berbagai daerah untuk meningkatkan pendapatan negara. Misalnya saja pembangunan bandara di Ewer, Kabupaten Asmat, Papua Selatan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat sekitar. Tapi apa itu infrastruktur? Berikut Pengertian Prasarana, Jenis, Fungsi dan Manfaatnya, simak informasinya dibawah ini.

Memahami infrastruktur

Mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Ini adalah infrastruktur. Sinonim untuk infrastruktur. Sedangkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2015 infrastruktur adalah sarana teknis, fisik, sistem perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan mendukung jaringan struktural agar pembangunan ekonomi dan sosial dalam masyarakat dapat berjalan dengan baik.

Asosiasi Pekerjaan Umum Amerika Infrastruktur berarti fasilitas fisik yang dibangun atau dibutuhkan oleh lembaga pemerintah untuk memfasilitasi tujuan sosial ekonomi seperti air, tenaga listrik, pembuangan limbah, transportasi dan layanan serupa.

Jenis infrastruktur

Setelah kita memahami pengertian infrastruktur, sekarang saatnya kita memahaminya. Jenis infrastruktur. Mengutip dari e-journal Institut Teknologi Nasional Yogyakarta, infrastruktur dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan bentuknya. Berikut jenis-jenis infrastruktur.

1. Infrastruktur yang kuat

Infrastruktur keras adalah infrastruktur yang mempunyai fungsi yang sama dengan bentuk fisiknya. Secara umum, infrastruktur yang kuat dibangun untuk memfasilitasi kepentingan masyarakat. Misalnya saja pembangunan China High Speed ​​Rail di Indonesia yang mampu menghubungkan Jakarta – Bandung hanya dalam waktu 36 menit.

2. Infrastruktur non fisik yang kuat

Infrastruktur keras tak berwujud adalah jenis infrastruktur yang digunakan untuk mendukung infrastruktur lainnya. Infrastruktur keras non fisik adalah infrastruktur yang berkaitan dengan kepuasan masyarakat. Misalnya saja di Desa Duren, Jawa Tengah, sumur digali karena sulitnya mendapatkan air bersih.

Baca Juga  Jual saham Apple menghasilkan Tim Cook Rp 647 miliar, lihat perjalanan karier pengganti Steve Jobs.

3. Infrastruktur lunak

Infrastruktur lunak merupakan infrastruktur kelembagaan yang berbasis pada nilai dan norma. Infrastruktur lunak dilaksanakan oleh organisasi atau lembaga yang mengelola pelayanan masyarakat. Contohnya adalah kantor pos, layanan kota, layanan polisi dan lain-lain.

Kegiatan infrastruktur

iklan

Fungsi utama infrastruktur adalah untuk menunjang pergerakan masyarakat. Pembangunan infrastruktur akan menjadi sumber daya bagi masyarakat dalam kegiatan sosial dan distribusi barang dan jasa.

Pembangunan infrastruktur yang baik dan memadai akan meningkatkan kualitas hidup dan keamanan masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut. Kebutuhan sandang, pangan dan papan terpenuhi dalam kehidupan manusia untuk menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat.

Pemerataan pembangunan infrastruktur tidak hanya meningkatkan kualitas hidup manusia tetapi juga berarti memberikan persamaan hak kepada seluruh masyarakat di Indonesia karena tidak ada daerah yang tertinggal. Karena infrastruktur mendukung kegiatan sosial, industri, ekonomi dan lainnya, kemiskinan dan pengangguran dapat dikurangi dengan membangun infrastruktur yang adil.

Manfaat infrastruktur

Infrastruktur dapat bermanfaat dalam banyak bidang kehidupan manusia. Suatu daerah yang tidak memiliki infrastruktur yang baik akan terisolasi dan sulit terhubung dengan daerah luar. Selain itu, proses distribusi barang dan jasa menjadi sulit karena tidak adanya infrastruktur penghubung.

Selain komunikasi dan distribusi barang dan jasa, infrastruktur dapat memajukan kebudayaan di Indonesia. Misalnya untuk mempromosikan masakan daerah atau kostum budaya tertentu ke dunia luar.

Tamara Pramesti Adha Kahyani



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *