Andragogi dan Pedagogi, Apa Bedanya?

Uncategorized384 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Waktu Andragogi Ini pertama kali diperkenalkan oleh guru bahasa Jerman Alexander Kapp pada tahun 1833. Istilah ini dipopulerkan oleh guru Amerika Malcolm Knowles. Hal ini telah membawa perubahan mendasar dalam skenario pendidikan. Andragogi berfokus pada pembelajar dewasa dan kebutuhan belajar mereka.

tersebut Psikologi saat iniAda lima dasar pemikiran yang dilalui Knowles. Hal ini tidak hanya mengubah peran guru, tetapi juga meletakkan dasar bagi metode pembelajaran yang efektif.

Landasan pemikiran andragogis

1. Konsep diri: Evolusi pembelajar mandiri

Dasar pemikiran andragogi adalah konsep diri, yaitu transformasi siswa yang bergantung pada guru menjadi pembelajar mandiri seiring bertambahnya usia. Guru berperan sebagai fasilitator yang memberikan bimbingan dan dukungan agar siswa dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran.

2. Pengalaman: Tumbuh memperkaya pembelajaran

Peran pengalaman hidup dalam pendidikan orang dewasa. Membawa pengalaman yang beragam, siswa dewasa membawa pengetahuan ke dalam lingkungan belajar. Bercerita memanfaatkan perbedaan ini dengan mendorong berbagi cerita dan menghubungkan pengetahuan baru dengan pengalaman sebelumnya. Pembelajaran mendalam bertujuan untuk memberikan dimensi kontekstual.

3. Kesiapan belajar: Menyikapi perubahan hidup

Kesiapan untuk belajar melalui tahapan kehidupan dan peran sosial orang dewasa. Perubahan dalam kehidupan nyata, seperti peran pekerjaan, situasi keluarga atau masalah kesehatan, dapat memicu pembelajaran orang dewasa. Andragogi menuntut guru untuk menyikapi pemicu tersebut dengan memberikan kesempatan belajar yang relevan dan dapat diterapkan pada situasi kehidupan siswa.

iklan

4. Arah pembelajaran: berpusat pada masalah pada kehidupan dewasa

Perubahan pembelajaran berorientasi mata pelajaran dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. Orang dewasa lebih tertarik pada pembelajaran yang berhubungan langsung dengan pekerjaan atau kehidupan pribadi.

Baca Juga  Terkait tantangan Kabharkam Polri, Ayman Witjaksono: Warga negara harus patuh dan menghormati konstitusi.

5. Motivasi belajar

Asumsi terakhir adalah motivasi belajar semakin matang seiring bertambahnya usia. Motivator intrinsik seperti harga diri dan peningkatan kualitas hidup adalah kunci andragogi. Pendekatan ini menuntut guru untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan sesuai dengan motivasi menuju kedewasaan.

Perbedaan antara andragogi dan pedagogi

Dikutip dari University of Illinois di Springfield, andragogi berbeda. Pendidikan. Dalam pedagogi, guru merancang teknik untuk mentransfer pengetahuan dan menyimpannya dalam pikiran siswa. Fokus mata kuliahnya berorientasi pada mata pelajaran, mengikuti kurikulum yang telah ditentukan dan urutan yang direncanakan berdasarkan logika materi. Motivasi siswa cenderung berasal dari sumber eksternal seperti orang tua, guru, dan kompetisi.

Pilihan Editor: Apa yang Mempengaruhi Pendidikan?



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *