Analis politik menilai tingkat dukungan parlemen terhadap partai di DPR

Uncategorized155 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaPangi Syarwi Chaniago, pendiri dan direktur Voxpol Center for Research and Consulting, dievaluasi Batasan parlementer Atau Batasan parlementer Di tahun 4 persen suara nasional sebagaimana diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 Pilihan Hal ini tidak memberikan keadilan bagi partai politik kecil.

“Keterbatasan parlemen menjadi hambatan bagi partai politik baru, banyak suara yang terbuang dan tidak ada kursi yang diraih. “Kalau mendapat 200.000 suara, seharusnya bisa naik satu kursi di DPR,” ujarnya dalam keterangannya di Jakarta, Senin, 4 Maret 2024.

Tingkat parlemen hanya menguntungkan posisi partai di DPD, namun partai politik yang lebih kecil kesulitan memenuhi tingkat tersebut karena angka 4 persen masih terlalu tinggi karena hanya mampu memperoleh 0,2 persen. 2,6 persen suara.

Pangi menyayangkan suara rakyat yang terbuang percuma dan perolehan kursi yang tidak tepat. Bahkan, ada calon legislatif DPR RI baik dari PSI, Perindo, Gelora dan lainnya yang masuk dalam klaster utama dengan perolehan suara lebih dari 100 ribu untuk calon legislatif partai tersebut.

Bahkan ada masyarakat yang mencapai 200.000 suara pribadi namun didiskualifikasi dan tidak mendapatkan kursi parlemen karena partainya tidak lolos ambang batas empat persen, kata Pangi.

Ia mendukung keputusan Mahkamah Konstitusi Atau Mahkamah Konstitusi pada Kamis, 29 Februari yang memerintahkan revisi besaran dan persentase ambang batas parlemen menjelang pemilu 2029.

“Penghapusan plafon parlemen adalah untuk mengakomodir kebutuhan partai-partai kecil dan menengah serta memberikan mereka pengalaman sebagai wakil rakyat dan mendapatkan kursi di parlemen. Jangan ada inisiatif yang menghalangi partai-partai baru untuk masuk parlemen,” ujarnya. dikatakan.

Untuk pemilu 2029, ia berharap tingkat parlemen diturunkan ke batas bawah 1 persen dan batas atas 2 persen agar suara terbanyak diubah menjadi kursi dan tidak terbuang percuma.

Baca Juga  Kecelakaan KA Argo Sumeru dan Argo Willis, KAI berikan santunan hingga 100 persen kepada penumpang yang terluka

iklan

Prinsipnya, rakyat harus mempunyai wakil yang lebih banyak di parlemen, agar suara rakyat tidak hilang sia-sia. Sudah membaik dan semakin baik, tegasnya.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *