Aljazair telah menyusun resolusi gencatan senjata DK PBB di Gaza, yang AS telah bersumpah untuk memvetonya.

Uncategorized157 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaAljazair Dewan Keamanan PBB telah menyerukan pertemuan pada hari Minggu, 18 Februari 2024 untuk melakukan pemungutan suara terhadap rancangan resolusi yang menyerukan gencatan senjata segera di Jalur Gaza, dan menurut sumber media, Dewan Keamanan telah memutuskan untuk melakukan pemungutan suara terhadap resolusi tersebut minggu depan. .

Pada hari Jumat, misi Aljazair membagikan kepada anggota Dewan Keamanan rancangan resolusi yang telah direvisi yang menyerukan “gencatan senjata segera untuk dihormati oleh semua pihak atas dasar kemanusiaan”.

Rancangan resolusi tersebut menolak “pengungsian paksa penduduk sipil Palestina” dan menyerukan “akses kemanusiaan yang penuh, cepat, aman dan tanpa hambatan ke seluruh Jalur Gaza.” Pernyataan tersebut menyerukan “semua pihak untuk menghormati hukum internasional.”

Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa memilih Aljazair sebagai anggota tetap pada Juni 2023 DK PBB Selama dua tahun.

Duta Besar AS untuk PBB, Linda Thomas-Greenfield, menanggapinya dengan mengatakan bahwa rancangan resolusi yang diajukan Aljazair tidak akan diterima oleh Washington jika disetujui melalui pemungutan suara.

Rancangan resolusi sebelumnya telah diserahkan ke Dewan Keamanan. Hentikan tembakan Upaya ini tidak serta merta berhasil di Gaza, yang ditolak Amerika Serikat dan lebih memilih sekutu terbesarnya, Israel.

iklan

Pertama pada 18 Oktober 2023 dengan rancangan resolusi Brazil, kedua pada 8 Desember 2023 dengan rancangan resolusi Uni Emirat Arab, dan ketiga pada 22 Desember 2023 dengan rancangan resolusi Rusia.

Meski hampir 29.000 warga Palestina menjadi martir. serangan Israel Meskipun ada upaya untuk “memfasilitasi” kesepakatan pertukaran tahanan antara Israel dan faksi oposisi Palestina di Jalur Gaza, Amerika Serikat terus memberikan dukungan diplomatik dan militer kepada Israel.

Perdana Menteri pendudukan Israel, Benjamin Netanyahu, telah berjanji untuk melanjutkan perang di Gaza sampai ia menghancurkan “Hamas”, namun oposisi Palestina menolak perjanjian sementara tersebut, dengan mengatakan bahwa mereka hanya akan merundingkan hubungan tersebut jika mereka mencapai gencatan senjata permanen.

Baca Juga  Ace Hasan menjadi saksi Prabowo dalam sidang MK menjelaskan pengertian dukungan sosial dan perlinsos.

Al Mayadin

Pilihan Editor: Tangan terakhirnya menggandeng Dries van Aght dan istrinya, inilah profil mantan perdana menteri Belanda yang memilih mati dengan cara euthanasia.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *