Ada Takjil, Putu Mangkok dan Barongko yang umum dari berbagai daerah di Indonesia.

Uncategorized77 Dilihat

CANTIKA.COM, Jakarta – Indonesia mempunyai masakan yang berbeda-beda dari berbagai daerah. Puasa Ramadhan adalah saat yang tepat untuk mengeksplorasi makanan lezat ini karena banyak yang dibuat. Takjil atau menu buka puasa.

Bukan sekadar mencicipi makanannya, tapi juga mengapresiasi budaya dan tradisi kuliner seluruh Indonesia. Dengan beragam hidangan yang ditawarkan, setiap orang mempunyai kesempatan untuk mengeksplorasi cita rasa berbeda dan meningkatkan pemahaman mereka tentang warisan kuliner Indonesia.

Berikut ini adalah makanan yang umum Daerah Sangat menarik untuk dicicipi saat berbuka puasa Ramadhan.

1. Bubur Rumbi Kanji, Aceh

Bubur Rumbi Kanji dari Serambi Mekkah hadir dengan bumbu rempah. Aroma dan cita rasa rempah membuat bulan Ramadhan semakin hangat dan berkesan di Aceh.

Warga memasak bubur kanji atau rumbi untuk berbuka puasa di Loksemawe, Aceh, Kamis, 15 April 2021. Biasanya dimasak di masjid dan dibagikan kepada warga. Antara/Rahmed

2. Putu Mangkok, Kepulauan Riau

Di pulau indah Kepulauan Riau ini terdapat mangkok putu berbentuk unik seperti mangkok terbalik. Kelapa bakar manis memberikan cita rasa unik pada camilan lezat ini sehingga menjadi hidangan favorit untuk berbuka puasa.

3. Mi Glosor, Bogor, Jawa Barat

Teksturnya yang unik dan licin membuat mie glossor menjadi favorit di kota hujan Bogor. Tak hanya nikmat, mie renyah berbahan tepung singkong ini menawarkan pengalaman bersantap berbeda.

4. Bongko Kopior, Gresik, Jawa Timur

Bongko Kopior asal Gresik, Jawa Timur hadir dengan bubur mutiara khas, nangka, roti tawar, kelapa muda, pisang, dan kuah santan. Dibungkus dengan daun pisang yang harum, hidangan penutup ini menjadi pilihan Takjeel yang banyak dicari selama Ramadhan.

5. Ketan Bintul, Banten

Sejak abad ke-16, ketan menjadi simbol Ramadhan di Bintul Banten. Taburan sardeng yang dibumbui menjadi ciri khasnya, santan dan kuah samir menjadi perpaduan yang sempurna untuk dinikmati saat berbuka puasa.

Baca Juga  5 Aktor Drama Korea yang Berperan Sebagai Dokter

6. Kicak, Daerah Istimewa Yogyakarta

Di Pasar Cowman, Yogyakarta, kikak populer karena rasanya yang tajam dan manis. Kikak legendaris Mbah Wono pun menambah daya tarik dan kepopuleran kikak sebagai Takijil yang populer di bulan Ramadhan. Kikak, masakan tradisional beraroma, terbuat dari beras ketan yang digiling halus dan dicampur dengan santan, nangka segar, dan kelapa parut.

7. Barongko, Makassar, Sulawesi Selatan

Dari Sulawesi Selatan, Barongko memikat selera dengan kelembutan pisang dan santan. Bungkusan daun pisangnya menambah aroma harum dan nuansa alami seperti Takjeel untuk berbuka puasa.

8. Kue Asida, Maluku

Kue Asidah asal Maluku menghadirkan kehangatan tradisional dengan rasa manis yang khas dan mirip dengan kue dodol. Kehadirannya di Pasar Takjil menjadi sajian yang ditunggu-tunggu sekaligus menyatukan kenangan manis Ramadhan di Tanah Air.

9. Sotong Pangkong, Pontianak, Kalimantan Barat

Sotong Pangkong asal Pontianak menawarkan cita rasa cumi goreng yang khas. Teksturnya yang halus dan rasa pedasnya yang meresap menjadikannya takjil pilihan puasa Ramadhan Berbeda dan nafsu makan.

Pilihan Editor: Sambut bulan Ramadhan, yuk siapkan daftar resep menu Takjeel untuk berbuka puasa.

Putri Anne

Hallo sahabat cantik, yuk update informasi untuk para wanita Telegram yang indah

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *