Ada penyelewengan dana KUR, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah usulkan reformasi.

Uncategorized420 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaKementerian Koperasi Masyarakat (CMCOP) UKM. Pinjaman Usaha Rakyat atau KUR. Pelanggaran ini terjadi karena bank penyalur KUR tidak mematuhi Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 1 Tahun 2023 tentang Pedoman Penyelenggaraan KUR.

“untuk Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Buatlah tiga rekomendasi untuk penyaluran KUR ke depan,” kata Wakil Menteri Usaha Kecil Kementerian Koperasi Julius dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 7 Desember 2023.

Rekomendasi pertama menyatakan perlunya penguatan prosedur internal fasilitas penyaluran KUR untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan terkait. Selain itu, memperkuat sistem pengawasan pelaksanaan KUR untuk memastikan penyaluran KUR sesuai dengan ketentuan dan peraturan terkait.

Kedua, Kementerian Koperasi dan UKM berharap seluruh pemangku kepentingan KUR, khususnya penyalur KUR, dapat menggalakkan sosialisasi dengan memberikan informasi detail mengenai persyaratan pengajuan KUR. Menurut Ulis, syarat tersebut harus sesuai dengan ketentuan terkait.

Ia menilai sosialisasi terkait persyaratan pengajuan penting dilakukan agar masyarakat khususnya UMKM memahami kemudahan pengajuan KUR. Selain itu, menurutnya, tindakan tersebut dapat mencegah adanya persyaratan tambahan yang tidak sesuai dengan ketentuan terkait.

Ketiga, menurut Julius, harus ada aturan tambahan yang jelas mengenai kebijakan terkait banyaknya perbedaan yang ditemukan. Ini termasuk biaya tambahan, setoran tunai, metode pengembalian obligasi, dan banyak lagi.

iklan

Yulius juga mengatakan Kementerian Koperasi dan Organisasi Kecil dan Menengah berencana melakukan kajian mengenai dampak KUR terhadap perekonomian dan peningkatan berbagai bidang kehidupan. Kajian tersebut dilakukan bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

“Selanjutnya, ke depan kami akan terus meningkatkan kualitas penyaluran KUR dengan mengembangkan tidak hanya peminjam yang sudah ada tetapi juga peminjam KUR,” kata Julius.

Baca Juga  Piala Asia AFC 2023: Shin Taeong menyebutkan 26 pemain timnas Indonesia usai uji coba melawan Iran

Sebab, kesadaran penyaluran KUR masih rendah. Julius menjelaskan, realisasi penyaluran KUR tahun 2023 hingga 6 Desember 2023 berdasarkan data SIKP sebesar 232,16 triliun. Angka tersebut hanya 78,17 persen dari target 297 triliun hingga 4,15 juta peminjam.

Pilihan Editor: Pizza Hut telah berdemonstrasi di berbagai daerah akibat adanya gerakan pelarangan produk Israel.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *