Ace Hasan menjadi saksi Prabowo dalam sidang MK menjelaskan pengertian dukungan sosial dan perlinsos.

Uncategorized14 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Itu saksi yang dihadirkan Ace Hasan Syadzily, Wakil Ketua Komisi VIII DPR Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di persidangan Debat pemilihan presiden Diadakan oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

“Selama ini banyak kata yang muncul dalam berbagai perdebatan, kata perlindungan sosial atau perlindungan sosial seringkali disinonimkan dengan kata bantuan sosial (bansos),” kata Ace dalam sidang di gedung Mahkamah Konstitusi Pusat. Jakarta Kamis, 4 April 2024.

Ace Hasan menegaskan, penjelasan ini bertujuan agar tidak terjadi kesimpangsiuran di masyarakat. Agar masyarakat mengetahui bahwa bantuan sosial merupakan bagian dari bantuan sosial.

Kategori jaminan sosial lainnya adalah jaminan sosial, katanya. Misalnya: asuransi kesehatan, asuransi pengangguran dan subsidi. Sedangkan bantuan sosial mencakup dua hal.

Pertama, bantuan sosial formal seperti Program Keluarga Harapan atau PKH, Kartu Sembako, Kartu Indonesia Pintar atau Kip Kuliah, dan lain-lain. Selain itu, ada bansos yang diambil pada waktu-waktu tertentu. Misalnya Pendanaan Langsung atau BLT El Nino atau BLT BBM.

“Nah, di berbagai media sering kita bilang nilai atau bansosnya sangat besar. Misalnya Rp 496 triliun pada tahun 2024 tanpa kita ketahui dan tanpa merinci bansosnya seperti apa,” kata Ace.

iklan

Politisi Partai Golkar ini mengatakan, jika detail tersebut tidak dijelaskan lebih detail, masyarakat akan berasumsi semuanya adalah bansos.

Dalam sidang kali ini agendanya adalah pemeriksaan silang saksi dan ahli dari pihak terkait atau kubu Prabo-Gibran. Tim kuasa hukum Prabowo-Gibran menghadirkan 14 saksi dan ahli dalam persidangan terkait perselisihan hasil pilpres. Rinciannya, ada delapan orang ahli dan enam orang saksi.

Selain itu, banyak pihak juga yang hadir. Ada Tim Kuasa Hukum Ani Baswedan-Muhaymin Iskandar sebagai Pemohon I dan Tim Kuasa Hukum Ganjar Pranowo-Mahfud Md sebagai Pemohon II.

Baca Juga  3 penyebab gempa Sumedang berdampak pada ratusan warga

Kelompok Pembela Prabowo-Gibran juga ada sebagai pihak terkait. Ketua Komisi Pemilihan Umum atau KPU Hasyim Asy’ari dan rekan-rekannya hadir sebagai responden. Ketua Badan Pengawasan Pemilihan Umum atau Bawaslu Rachmat Baja dan rekan-rekannya menjadi informan.

Pilihan Editor: Kamp Ganjar di Sidang MK: Gibran Lebih Cocok Jadi Wakil Presiden Ketimbang Yousril?



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *