9 masalah kesehatan yang mengancam wanita paruh baya

Uncategorized84 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Saat Anda menginjak usia 40 tahun, banyak orang mulai mengkhawatirkan berbagai hal Masalah kesehatan. Salah satunya terkena serangan jantung. Namun, ini bukan satu-satunya masalah kesehatan yang perlu mendapat perhatian di usia paruh baya, khususnya pada wanita.

“Kita sudah merasa sehat sebelum usia 40 tahun, tiba-tiba ada teman atau saudara yang mengalami berbagai masalah kesehatan dan kita mulai khawatir pada diri kita sendiri,” kata pakar kesehatan asal Inggris, Dr. Tom Jenkins, b Matahari pada hari Minggu kesehatan.

Pendiri CentorezCentorez.co.uk) menyebutkan sembilan masalah kesehatan serupa Seorang wanita paruh baya.

Osteoporosis
Wanita lebih mungkin mengalami osteoporosis sebelum menopause. Jika Anda bisa mengalaminya, tingkatkan asupan kalsium dalam pola makan Anda.

Mati haid
Biasanya terjadi pada wanita berusia 45-55 tahun. Gejala bervariasi dari perubahan siklus menstruasi. Kekurangan panasPertambahan berat badan dan kesulitan berkonsentrasi.

Kanker payudara
Di Inggris, sekitar 7.600 wanita didiagnosis menderita kanker payudara setiap tahunnya. Mammogram direkomendasikan setiap lima tahun untuk orang yang berusia di atas 50 tahun.

Kanker serviks
Kebanyakan wanita terdiagnosis kanker serviks pada usia 35-44 tahun. Skrining diperlukan setiap tiga tahun.

iklan

Detak jantung tidak teratur
Ini juga disebut fibrilasi atrium, dan pada usia 40-an, bahkan pada orang sehat, risikonya meningkat. Periksa denyut nadi di pergelangan tangan secara teratur.

Kanker usus besar
Risikonya lebih tinggi setelah 40 tahun. Gejalanya berupa perubahan kebiasaan buang air besar dan tinja, seperti sembelit, kembung, dan tinja berwarna gelap.

Anemia
Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, 30 persen wanita berusia 15-49 tahun mengalami anemia. Gejalanya meliputi kekurangan energi, sesak napas, jantung berdebar, dan depresi. Penyebabnya bermacam-macam, seperti kanker usus besar, perdarahan menstruasi yang banyak, dan kecenderungan mengonsumsi obat pereda nyeri seperti aspirin dan ibuprofen.

Baca Juga  M5.1 Gempa Pegunungan Bintang Papua akibat pergerakan sesar batuan

Kanker serviks
Risikonya meningkat seiring bertambahnya usia, umumnya 40-44 tahun. Kanker ini sulit didiagnosis karena gejalanya yang umum, seperti perut bengkak dan nyeri perut bagian bawah. Gejala lainnya adalah gangguan pencernaan, penurunan berat badan, sakit punggung, kelelahan, sembelit atau diare.

Kolesterol Tinggi
Mempertaruhkan serangan jantung Penyakit ini meningkat setelah usia 40 tahun, biasanya karena kolesterol atau tekanan darah tinggi.

Pilihan Editor: Bintang Sarjana Joey Graziadei Memahami Sindrom Gilbert



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *