7 Masjid Terbesar di Indonesia; Satu rumah mampu menampung 200.000 jamaah

Uncategorized373 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Indonesia adalah salah satu negara mayoritas Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 86 persen populasi Muslim dari 275 juta penduduk. Masjid, tempat umat Islam menjalankan berbagai aktivitas keagamaannya, terdapat di setiap suku dan provinsi.

Masjid bervariasi dalam ukuran dan kapasitas tergantung pada wilayah dan populasi Muslim di sekitarnya. Berikut daftar masjid terbesar di Indonesia, termasuk Masjid Istiklal yang terkenal.

Di bawah ini adalah tujuh masjid besar di Indonesia. Penting untuk dicatat bahwa informasi mungkin sedikit berbeda dari satu sumber ke sumber lainnya.

1. Masjid Istiklal, Jakarta

Masjid Istiklal merupakan masjid ambisius di Jakarta pasca kemerdekaan. Berdiri di samping Katedral Sawah Besar, masjid terbesar di Indonesia ini dibangun di atas bangunan seluas 24.200 meter persegi di atas tanah seluas 9,8 hektar. Masjid Istiklal mampu menampung lebih dari 200.000 jamaah.

2. Masjid Islamic Center Samarinda

Berkapasitas 40.000 hingga 45.000 jamaah, masjid ini dibangun di atas tanah seluas 12 hektar dan menampilkan arsitektur Masjid Islamic Center dengan menara Asmaul Husna. Kubahnya meniru Masjid Hagia Sophia di Istanbul. Masjid ini menawarkan pemandangan sungai Mahakam yang indah.

3. Al Akbar, Surabaya

Masjid Al-Akbar di Pejesangan diresmikan pada tanggal 4 Agustus 1995 oleh Walikota Surabaya Soemarto Soemoprawiro. Masjid ini tersebar di lahan seluas 28.509 meter persegi di atas tanah seluas 11,2 hektar. Masjid ini mampu menampung lebih dari 36.000 jamaah.

4. Masjid Al-Jabbar, Brung

Masjid Aljabar kontroversial bahkan sejak awal dibangun karena memiliki anggaran yang sangat besar sebesar 1 triliun birr. Resmi dibuka pada Desember 2022, masjid ini dibangun di atas lahan seluas 25 hektar dan mampu menampung lebih dari 30.000 jamaah.

Baca Juga  KAI Daops 9 Jember Proyek kepadatan penumpang tinggi akan dimulai minggu depan

Fasilitas yang ada di masjid ini antara lain Marood, Ruang Pameran Pendidikan Islam dan Theme Park.

5. Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang

Disingkat MAJT, masjid ini terletak di Gaimsari Semarang. Masjid ini dibangun pada tahun 2006 dan diresmikan pada tahun 2010 di atas tanah seluas 10 hektar. Masjid ini memiliki kapasitas lebih dari 10.000 jamaah. Masjid ini juga memiliki ruang pertemuan, hotel dan perpustakaan.

6. Masjid Dian Al-Mahri, Depok

Masjid Dian Al-Mahri atau Kubah Emas merupakan ikon terkenal Kota Depok. Masjid seluas 8.000 meter persegi dengan kapasitas sekitar 20.000 jamaah ini terletak di atas tanah seluas 5 hektar.

7. Masjid Baiturrahman Brook Assih

Dibangun pada tahun 1636 oleh Sultan Iskandar Muda, masjid ini menarik umat Islam dari luar negeri, seperti Turki, untuk belajar lebih banyak tentang Islam.

Masjid ini telah melalui banyak masa sulit termasuk penjajahan Belanda dan tsunami tahun 2004.

Masjid Baiturrahman memiliki bangunan seluas 4.760 meter persegi di atas tanah seluas 3,1 hektar. Kapasitas masjid adalah 9.000 orang dan 24.000 orang.

NIA SELAMAT | Shihadi Muharram

Pilihan Editor: Forbes 10 orang terkaya di dunia pada Januari 2024

klik disini mencari Update berita terkini dari Tempo di Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *