6 kondisi yang menyebabkan sakit tenggorokan

Uncategorized612 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Sakit tenggorokan atau Faringitis Ini menyebabkan rasa gatal di tenggorokan dan membuat Anda sulit menelan Garis kesehatan. Pada tahun 2011 Menurut American Osteopathic Association, faringitis antara lain disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.

Di bawah ini enam kondisi yang bisa menyebabkan sakit tenggorokan.

1. Infeksi virus

Infeksi virus dapat menyebabkan pilek, flu, dan batuk, yang merupakan gejala sakit tenggorokan. Sedangkan melalui infeksi bakteri Streptococcus pyogenes Sakit tenggorokan menjadi salah satu pemicunya.

2. Alergi

Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh jamur, debu, serbuk sari, bulu binatang atau rambut, dan alergen lainnya.

3. Kekeringan

Udara kering di dalam ruangan dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan terasa kasar serta gatal. Sedangkan bernapas melalui mulut bisa membuat tenggorokan terasa kering dan perih.

4. Frustrasi

Polusi udara dari rokok atau bahan kimia dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Selain itu, merokok, minum alkohol, dan makan makanan pedas juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan.

5. Otot tegang

Otot-otot di tenggorokan Anda bisa menjadi sangat tegang setelah suara keras atau keheningan yang lama. Sakit tenggorokan sering kali ditandai dengan suara yang keras dan rasa kering di tenggorokan.

6.GERD

GERD, atau penyakit refluks gastroesofageal, adalah penyakit pada sistem pencernaan. GERD menyebabkan asam lambung bocor hingga ke kerongkongan. Beberapa gejala GERD adalah mual, sakit tenggorokan, mulas, dan suara serak.

PUSPITA Amanda Sari

Pilihan Editor: Penggunaan gadget secara berlebihan; Cara mengatasi penyakit mata kering

klik disini Dapatkan berita terkini dari Tempo di Google News



Quoted From Many Source

Baca Juga  5 Fakta Spesial Timnas Qatar Juara Piala Asia 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *