5 Bahaya Kebiasaan Tidur Pagi, Kurang-kurangin Kaum Ngalong!

Tak Berkategori191 Dilihat

Kamis, 17 Agustus 2023 – 01:01 WIB

VIVA – Tidur merupakan salah satu aspek penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Namun, kebiasaan tidur yang tidak teratur, terutama tidur pada larut malam atau bahkan pagi hari, telah menjadi tren yang semakin umum di kalangan masyarakat modern.

Baca Juga :

Soal Regulasi Pelabelan BPA pada Kemasan Galon, BPOM Diminta Tak Tebang Pilih

Meskipun tampak menarik dan sering kali dianggap sebagai tanda produktivitas, kebiasaan tidur pagi memiliki sejumlah dampak negatif yang perlu dipahami dengan serius.Simak bahaya kebiasaan tidur pagi yang VIVA rangkumkan dari berbagai sumber sebagai berikut:

Gangguan Pola Tidur dan Kesehatan Mental

Tidur pada larut malam atau pagi hari dapat mengganggu pola tidur alami tubuh kita, yang dikenal sebagai sirkadian rhythm. Ini dapat mengakibatkan masalah tidur, seperti insomnia atau tidur yang tidak nyenyak.

Gangguan pola tidur ini dapat berdampak pada kesehatan mental kita. Kebiasaan tidur yang tidak teratur telah dikaitkan dengan peningkatan risiko gangguan mental seperti depresi dan kecemasan.

Risiko Masalah Kardiovaskular

Studi ilmiah telah menemukan hubungan antara tidur larut malam atau tidur pagi dengan peningkatan risiko masalah kardiovaskular. Tidur yang tidak cukup dan tidak teratur dapat mengganggu ritme alami tubuh dalam memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang memiliki kebiasaan tidur pagi cenderung memiliki tekanan darah yang lebih tinggi dan tingkat inflamasi yang lebih tinggi dalam tubuh.

Pengaruh Terhadap Produktivitas

Meskipun beberapa orang mungkin merasa lebih produktif ketika bekerja pada larut malam atau pagi hari, penelitian menunjukkan bahwa produktivitas jangka panjang dapat terpengaruh secara negatif.

Kebiasaan tidur pagi dapat mengakibatkan penurunan kinerja kognitif, gangguan fokus, dan penurunan daya ingat. Ini dapat mempengaruhi performa dalam pekerjaan atau aktivitas sehari-hari.

Kebiasaan tidur pagi juga dapat berdampak pada regulasi metabolisme tubuh. Beberapa studi menemukan hubungan antara tidur larut malam dan risiko penyakit metabolik seperti obesitas dan diabetes tipe 2. Ketidakseimbangan hormon yang diatur oleh sirkadian rhythm dapat memengaruhi regulasi gula darah dan berat badan.

Solusi dan Rekomendasi

Untuk menghindari bahaya kebiasaan tidur pagi, ada beberapa langkah yang dapat diambil:

  1. Atur Jadwal Tidur yang Teratur: Cobalah untuk menjaga jadwal tidur yang konsisten, dengan waktu tidur yang cukup untuk memastikan tubuh mendapatkan istirahat yang diperlukan.
  2. Hindari Paparan Cahaya Terang pada Malam Hari: Cahaya terang dapat mengganggu produksi hormon tidur, melatonin. Hindari penggunaan layar gadget atau cahaya terang sebelum tidur.
  3. Jaga Pola Makan yang Sehat: Pola makan yang tidak sehat dan makan larut malam juga dapat mempengaruhi kualitas tidur. Hindari makan berat menjelang tidur.
  4. Jaga Aktivitas Fisik: Olahraga teratur dapat membantu memperbaiki kualitas tidur dan ritme sirkadian tubuh.

Baca Juga :

Jokowi Alokasikan Rp 186,4 Triliun untuk Anggaran Kesehatan 2024, Ini Rinciannya

Kebiasaan tidur pagi yang tampaknya menarik dan produktif dapat memiliki dampak serius pada kesehatan fisik dan mental, serta produktivitas kita. Penting untuk menjaga pola tidur yang teratur dan seimbang guna menjaga keseimbangan tubuh dan pikiran.

Dengan memahami risiko yang terkait dengan tidur larut malam atau pagi hari, kita dapat mengambil langkah-langkah preventif untuk menjaga kesehatan dan kualitas hidup kita.

Mahasiswa UI menang lomba di Thailand.

Kado HUT RI, Mahasiswa UI Sabet Juara Lomba Bisnis Teknologi Medis di Thailand

Tim mahasiswa dari Universitas Indonesia (UI) mengalahkan Tim Mahasiswa ASEAN lainnya dalam kompetisi internasional Service Design Solution Competition 2023 di Thailand.

img_title

VIVA.co.id

16 Agustus 2023



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *