4 WNI di Jepang ditangkap polisi Issaki

Uncategorized47 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Kementerian Luar Negeri memastikan pada Minggu sore, 10 Maret 2024, mereka berempat Warga negara Indonesia Dia ditangkap oleh polisi Issaki di Jepang. Penangkapan ini sebenarnya terjadi pada 17 Januari 2024 dengan tuduhan termasuk overstay.

Direktorat Perlindungan WNI dan Kementerian Luar Negeri RI, BHI, menjelaskan dalam keterangannya, Polisi Isasaki menangkap 4 WNI karena diduga menyewa kendaraan kepada penyelundup Indonesia dan mengemudikan kendaraan tanpa SIM. Satu dari setiap empat warga negara Indonesia adalah warga negara sah dan 3 orang melebihi batas masa tinggal. Saat ini, penyelidikan masih berlangsung.

Selain keempat WNI tersebut, beberapa WNI lainnya juga ditangkap dengan tuduhan yang sama (overstay) namun mereka meminta polisi tidak melaporkan kasusnya ke KBRI Tokyo.

Sejak awal kasus ini, KBRI Tokyo sudah melakukan pemantauan dan siap memberikan bantuan hukum.

Sebelumnya, pada 29 Februari 2024, Kementerian Luar Negeri RI mengonfirmasi ke polisi Jepang Seorang warga negara Indonesia ditangkap karena diduga menelantarkan bayi yang baru lahir hingga meninggal. Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Osaka telah menerima informasi mengenai WNI.

iklan

Pemain berkebangsaan Indonesia berusia 21 tahun berinisial JP yang saat ini tengah berlatih di Hiroshima. Pelaku ditangkap polisi Onomichi di Prefektur Hiroshima dengan tuduhan menelantarkan bayi yang baru lahir hingga meninggal. Di mana JP meninggalkan anak tersebut tidak dipublikasikan.

Kementerian Luar Negeri menjelaskan, polisi Onomichi masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui status hukum JP. Polisi menolak memberikan rincian lebih lanjut tentang JP; Karena belum ada persetujuan dari WNI.

Jumlah WNI yang tinggal di Jepang hingga akhir tahun 2022 mencapai 100 ribu orang. Sebelum COVID-19, Warga negara Indonesia Di Jepang, ketika epidemi dimulai, terdapat 67 ribu orang, dan menurun menjadi sekitar 60 ribu. Namun menurut laporan imigrasi Jepang yang dirilis Juni 2022, jumlah WNI mencapai 83 ribu orang. Dari jumlah tersebut, magang atau Kenshusei Sebelumnya meningkat dari 34 ribu orang menjadi 44 ribu orang. Sedangkan untuk kategori pekerja terampil (Pekerja terampil), jumlahnya mencapai sekitar 10 ribu orang.

Baca Juga  Jenazah Luke Enembe akan diterbangkan ke Papua besok pagi

Pilihan Editor: Departemen Luar Negeri telah mengonfirmasi bahwa awak kapal asal Indonesia tewas dalam kecelakaan kapal di lepas pantai Korea Selatan.

Ikuti berita terkini Tempo.co di Google News, klik disini



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *