4 tanda kloning suara berbasis AI untuk menghindari penipu

Uncategorized701 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Kloning suara bukanlah hal yang langka di zaman perkembangan teknologi yang pesat ini. menggunakan Kecerdasan buatan Atau AI, kloning suara semakin canggih, dan bersamaan dengan itu, muncullah bahaya.

Kloning suara tingkat lanjut memudahkan penipu melakukan kejahatannya, meniru suara orang yang dicintai untuk meminta informasi pribadi atau uang.

4 tanda kloning suara

1. Panggilan tak terduga

Jika Anda menerima telepon dari orang yang Anda sayangi atau rekan kerja, terutama secara tiba-tiba atau pada waktu yang tidak biasa, berhati-hatilah. Penipu sering kali menargetkan orang-orang pada saat mereka paling rentan atau tidak menaruh curiga.

2. Pertanyaan mendesak

Penipu sering kali menciptakan rasa urgensi untuk menekan Anda agar mengambil keputusan cepat. Anda mungkin mengatakan bahwa orang yang Anda sayangi sedang dalam masalah dan membutuhkan uang segera, atau bahwa rekening bank Anda telah dibobol dan Anda harus segera bertindak.

3. Pola bicara yang tidak wajar

Meskipun teknologi kloning suara AI telah berkembang pesat, namun bukannya tanpa kekurangan. Dengarkan baik-baik jika ada jeda yang tidak wajar, ucapan yang terdengar seperti robot, atau aksen yang aneh. Ini bisa menjadi indikator bahwa Anda tidak sedang berbicara dengan orang sungguhan.

4. Minta uang atau informasi pribadi

Jangan memberikan uang atau informasi pribadi seperti nomor rekening bank melalui telepon kepada orang yang tidak Anda kenal atau percayai. Tidak ada bisnis atau perusahaan sah yang akan meminta informasi semacam ini melalui telepon.

Gadget Sekarang | MUHAMMAD RAFI AZHARI

Pilihan Editor: Kementerian Komunikasi akan meluncurkan pedoman etika tentang kecerdasan buatan.

Klik di sini untuk mencari tahu Update berita terkini dari Tempo di Google News



Quoted From Many Source

Baca Juga  BPJS Kerja meluncurkan fitur JMO baru untuk pekerja migran Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *