3 berita teratas hari ini: KTT Khusus ASEAN-Australia merilis Deklarasi Melbourne

Uncategorized48 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaTempo Bahasa Inggris Kamis 7 Maret 2024 menyusun tiga berita teratas. Berikut hal-hal penting: KTT khusus ASEAN-Australia menyusun deklarasi Melbourne, Indonesia di KTT ASEAN-Australia: Palestina, kendaraan listrik dan impor beras dibahas dengan Kamboja, dan pemerintah mengatakan Jakarta tetap menjadi ibu kota menjelang keputusan presiden tentang transfer IKN

Berikut ini adalah daftar 3 berita teratas. Tempo Bahasa Inggris Hari ini:

1. Pertemuan khusus ASEAN-Australia mengeluarkan Deklarasi Melbourne

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan KTT Khusus ASEAN-Australia menghasilkan dua dokumen, yakni ‘Deklarasi Melbourne’ dan Pernyataan Visi Pemimpin ASEAN-Australia.

Deklarasi Melbourne memuat arahan kerja sama di bidang politik-keamanan, ekonomi, dan sosial budaya, kata Retno dalam konferensi pers pertemuan, Rabu.

Klik di sini untuk membaca lebih lanjut

2. Indonesia pada pertemuan ASEAN-Australia: Bahas Palestina, EV dan impor beras dengan Kamboja.

TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi tiba di Indonesia pada Rabu, 6 Maret 2024 malam untuk kunjungan tiga hari ke Melbourne dalam rangka KTT ASEAN-Australia. Dalam KTT tersebut, Jokowi berupaya memperkuat kerja sama dengan negara tetangga dan menonjolkan prinsip internasional Indonesia di forum regional.

KTT ini menandai peringatan 50 tahun kemitraan ASEAN-Australia. Pada KTT kedua yang mengusung tema ‘Visi Kami untuk kawasan dan penyelesaian tantangan bersama’, Jokowi menekankan pentingnya menghormati hukum internasional bagi anggota ASEAN dan Australia. Indonesia menentang kampanye hitam dan diskriminasi yang menggunakan alasan lingkungan hidup tanpa bukti ilmiah, kata Jokowi seperti dikutip dari keterangan sekretariat presiden, Rabu.

Klik di sini untuk membaca lebih lanjut

3. Pemerintah menyatakan Jakarta pernah menjadi ibu kota sebelum ada keputusan presiden tentang pemindahan IKN.

Baca Juga  Kementerian BUMN dan Pertamina selenggarakan Workshop BUMN Influencer

TEMPO.CO, Jakarta – Pakar Hukum Presiden Joko Widodo atau Jokowi Dini Purwono mengatakan Jakarta akan tetap menjadi ibu kota hingga keluarnya keputusan presiden tentang pemindahan ibu kota. Hal itu berdasarkan Pasal 39 UU IKN, ujarnya.

“Kalau keputusan presiden keluar, itu sepenuhnya kewenangan presiden,” kata Dini melalui email kepada Tempo, Kamis.

Dini kemudian merujuk pada Pasal 41 UU IKN 2022. Pasal Pasca keputusan presiden IKN, status Jakarta sebagai ibu kota Indonesia dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Klik di sini untuk membaca lebih lanjut

Tempo.co



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *