2024 5 Program Repatriasi Rumah Gratis dari BUMN, Kementerian Perhubungan, hingga Pemprov

Uncategorized75 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaMenjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah atau Idul Fitri 2024, beberapa Kementerian dan Lembaga (K/L) serta Pemerintah Negara (Pemprov) tengah melaksanakan program repatriasi gratis.

Perjalanan pulang pergi gratis menggunakan bus, kereta api dan kapal feri, serta sepeda motor yang bisa diantar pulang ke kampung halaman.

Mengikuti waktu Ini mencakup banyak program Bebas untuk pulang 2024, proses pendaftaran telah diumumkan.

Program mudik gratis 2024

1. Mudik gratis BUMN

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali menggelar program mudik gratis bertajuk “Mudik Seru BUMN 2024”. Kegiatan mudik ini menyediakan akomodasi transportasi menuju tujuan di lebih dari 200 kota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dilansir dari akun Instagram @indonesiafinancialgroup, Selasa 5 Maret 2024, mudik gratis BUMN siap memulangkan pemudik dengan menggunakan 80.215 moda transportasi berbeda. Sebanyak 1.225 bus tersedia untuk 55.607 penumpang, 60 kereta untuk 18.998 penumpang, dan 15 kapal feri untuk 5.610 penumpang.

Acara mudik yang menyenangkan BUMN Tahun 2024 mencakup 84 BUMN. Indonesia Financial Group (IFG) merupakan salah satu dari 10 BUMN anggotanya. memilikiBerpartisipasilah dalam program ini. Jadwal Biarkan benderanya hilang Bus khusus mudik diberangkatkan pada 3 April 2024 di Istor Senayan dan 5 April 2024 di Silang Monas.

Selain itu, PT Permodalan Nasional Madani (PNM), Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di sektor jasa keuangan, telah membuka pendaftaran program repatriasi gratis mulai 1-15 Maret 2024, khusus bagi nasabah PNM, karyawan PNM, dan keluarga PNM. karyawan. Pendaftaran dilakukan secara online (On line) melalui https://forms.gle/pfJmNEnw9Ai61ubK8.

Berikutnya, PT Bio Farmasi (Persero) juga membuka proses repatriasi gratis mulai 1-15 Maret 2024, namun dapat ditutup sewaktu-waktu jika kuota sudah terpenuhi. Pendaftaran sedang berlangsung. On line Pada tautan bit/li/mudicgratisBF2024.

Baca Juga  Hanya 400 wisatawan yang diperbolehkan menginap di pulau indah seperti Hawaii

Kemudian, PT Jasa Raharja juga membuka pendaftaran tiket pulang gratis pada 4 Maret 2024 pukul 12.30 WIB. Pendaftaran dilakukan melalui mudik.jasaraharja.co.id bagi peserta yang memiliki akun JRku, sepeda motor (yang terverifikasi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK) dan Surat Izin Mengemudi atau SIMC.

2. Pulang kampung gratis untuk Kementerian Perhubungan

Kementerian Perhubungan (dari Manhub) juga tengah menyiapkan program angkutan sepeda motor gratis untuk Lebaran 2024.

Program yang menyediakan layanan transportasi darat, laut, dan kereta api ini bertujuan untuk mengantisipasi semakin banyaknya masyarakat yang mudik menggunakan kendaraan pribadi, khususnya sepeda motor.

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Dietgen) tengah melakukan kampanye “membawa pulang sepeda motor dengan bus dan truk”. Pendaftaran program berlangsung mulai 5 Maret 2024 hingga 3 April 2024 melalui aplikasi Mitra Darath.

Selanjutnya, Direktorat Jenderal Lalu Lintas Laut Perhubungan Laut pada tanggal 3-17 April 2024 menyelenggarakan program “Pemulangan Gratis Sepeda Motor Melalui Laut” kepada 9.800 penumpang repatriasi dan 4.800 unit sepeda motor.

Kemudian, Ditjen Perkeretaapian menawarkan program “mudik gratis sepeda motor naik kereta api”. Tiket kereta api bisa Anda dapatkan di situs https://mudikgratis.dephub.go.id/ mulai tanggal 4 Maret 2024 hingga 18 April 2024.

3. Mudik gratis bagi Pemprov Jateng

iklan

Pemerintah Negara Bagian Jawa Tengah Menyediakan total 228 armada bus untuk mengangkut warga berKartu Tanda Penduduk (KTP) Jawa Tengah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Program ini menyasar masyarakat berpenghasilan rendah di Jawa Tengah yang bekerja di sektor informal.

Sebanyak 58 armada bus datang atas bantuan Gubernur Jawa Tengah, Bank Jateng dan PT Semyon Gresik.

Bantuan 130 bus dari Gubernur/Walikota, PT Jasa Raharja, dan Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional (Perum Perumnas). Kemudian bantuan 40 bus dari Bank Jateng.

Baca Juga  Anis dan Kak Emin bertemu keluarga saat Idul Fitri, sempat membahas sengketa pemilu presiden di Mahkamah Konstitusi

Pendaftaran bus mudik gratis dilakukan melalui www.pedamateng.penghub.jatengprov.go.id.

Sedangkan pendaftaran mudik gratis untuk bus yang dioperasikan oleh Bupati/Walikota, PT Jasa Raharja dan Perum Perumnas melalui Persatuan Pengungsi Jawa Tengah di Jabodetabek.

Sedangkan pendaftaran mudik gratis bagi warga ber-KTP Jawa Tengah menggunakan bus yang disponsori Bank Jateng akan dilakukan di Bank Jateng Cabang Jakarta (Jalan Panglima Polim Kebayoran Baru) atau Kantor Cabang Pembantu (KCP) Kramat Jati (Pasar Induk).

4. Pulang kampung gratis untuk Dishub Jabar

Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat (DISHUB) telah merilis rencana program transportasi dalam negeri gratis pada tahun 2024.

“Anda bertanya, kapan Mudik Gratis dibuka? Sebentar, tunggu saja. “Sekarang aktifkan notifikasi Instagram Dishub Jabar agar tidak ketinggalan informasi,” tulis akun @dishubjabar pada Selasa, 5 Maret 2024.

5. Dishub Banten mudik gratis

Pemerintah Kabupaten Banten melalui Dinas Perhubungan Provinsi Banten akan membuka program mudik gratis mulai tanggal 10-22 Maret 2024. Program tersebut menyasar warga Banten dan warga Banten yang mudik ke luar Banten. Untuk rumah Banton.

Pendaftarannya dilakukan melalui jawaramudik.bantenprov.go.id dan dimulai tanggal 6 April 2024. Kota tujuan luar Provinsi Banten antara lain Kota Palembang, Kota Tasikmalaya, Kota Cirebon, Provinsi Garut, Provinsi Banyumas/Purwokerto, Kota Breves, Kota Semarang. Kota Solo/Surakarta dan Kota Yogyakarta.

Sedangkan tujuan mudik gratis luar provinsi Banten ke provinsi Banten tahun 2024 adalah Kalideres, Tanjung Priok, Kota Yogyakarta, Kota Bandung, dan Kota Bogor.

MELINDA DWI PUSPITA

Pilihan Editor: Jalur Kereta Api untuk program mudik gratis dan kuota harian



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *