14 Desember sebagai Hari Sejarah Nasional

Uncategorized476 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaHari Sejarah Nasional Ini dirayakan untuk pertama kalinya pada tahun Dimulai pada tahun 2014 oleh berbagai lapisan masyarakat.

Menurut situs Direktorat Jenderal Kebudayaan Indonesia, tanggal 14 Desember ditetapkan sebagai Hari Sejarah Nasional pada tahun 2011. Saat itu para sejarawan, peneliti, dan cendekiawan berdiskusi dan merumuskan arah penulisan sejarah nasional Indonesia.

Sejarah Hari Sejarah Nasional pertama kali dimulai setelah Indonesia merdeka ketika persoalan sejarah nasional mendapat perhatian lebih. Permasalahan tersebut antara lain lahirnya gerakan Indonesia di berbagai bidang. Selain itu, buku-buku berbahasa Belanda mulai diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yang berimplikasi pada penulisan sejarah Indonesia.

Sejarah Indonesia mulai ditulis berdasarkan kebutuhan dan keinginan masyarakat Indonesia. Jadi ketika menulis sejarah Indonesia, perspektif yang digunakan adalah perspektif nasional. Lebih lanjut, bangsa dan rakyat Indonesia adalah penguasa atau pencipta sejarah, bukan sekedar benda mati historiografi kolonial.

Pada mulanya tokoh-tokoh Belanda adalah pahlawan dan penduduk asli adalah penjahat. Dalam Indonesianisasi, peranannya dibalik, orang Indonesia sebagai pahlawan dan orang Belanda sebagai penjahat, namun ceritanya tetap sama.

Dalam hal ini terdapat gaya historiografi baru yang menampilkan bangsa dan masyarakat Indonesia dalam segala aktivitasnya, baik politik, ekonomi, sosial, maupun budaya, dari sudut pandang masyarakat Indonesia.

iklan

Dikutip dari Lama Museum Kebangkitan NasionalIa menyatakan, penyusunan sejarah nasional pertama kali menuai banyak perdebatan. Padahal, Seminar Sejarah Nasional pertama kali diadakan pada tahun 1957. Seminar ini diadakan dengan tujuan untuk menjaring berbagai pendapat dan pendapat untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam menyusun sejarah nasional Indonesia secara ilmiah dan bertanggung jawab.

Akhirnya para sejarawan dan pemerhati sejarah terpacu untuk menyelenggarakan “Kongres Sejarah Nasional” yang pertama pada tahun 1957. Pada kongres yang kedua, namanya diubah menjadi “Seminar Sejarah Nasional” yang membahas tentang rencana pembuatan buku sejarah nasional yang baru. Ini digunakan sebagai buku referensi. .

Baca Juga  Jadwal Timnas Italia vs Venezuela di Laga Uji Coba: Luciano Spalletti Akan Coba Taktik Baru.

Oleh karena itu, diperingati pada tanggal 14 Desember. Hari Sejarah Nasional Sebab pada hari itu diadakan seminar sejarah nasional yang pertama.

Pilihan Editor: Tautan Twibbon Hari Sejarah Nasional 85, silakan unduh dan lihat



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *