11 Mantan Ketua Komnas HAM ini hadir dalam forum calon wakil presiden pertama yang dipilih KPU.

Uncategorized330 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum atau KPU Pihaknya telah mengumumkan 11 panelis pada debat pembukaan capres dan cawapres yang rencananya digelar pada Selasa, 12 Desember 2023 di kantor KPU Jakarta. Komisioner KPU August Melaz mengatakan para panelis tersebut mumpuni di bidangnya.

“Kami sudah memastikan siapa yang akan menjadi panelis pada debat pertama,” kata August dalam rilis dari kantor KPU, Sabtu, 9 Desember 2023. di antara.

tersebut Antaranewsdari daftar nama Panelis debat presiden Dirilis KPU, sebagian besar panelis merupakan akademisi dari berbagai perguruan tinggi negeri di tanah air. Menurut August Melasz, seluruh panelis akan tetap menjalani karantina mulai Minggu, 10 Desember 2023 hingga hari debat di Jakarta. Mereka menyiapkan pertanyaan.

Para panelis:

1. Pakar ilmu politik UGM Mada Sukmajati

2. Ilmuwan politik Undana Rudy Rohi

3. Pengacara Konstitusi Lita Taista

4. Pengacara Unand Khairul Fahmi

5. Pakar Hukum Tata Negara UNS Agus Rivanto

6. Pakar hukum tata negara Unpad Susi Dewi Harijanti

7. Guru Besar Universitas Jamber Bayu Dwi Angono

8. Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Musim 2017-2020 Ahmed Taufan Damanik

9. Guru Besar Ilmu Agama UIN Sunan Kalijaga Al Makin

10. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta senjata Herianto

iklan

11. Wawan Masudi Dekan Fisipol UGM

Bivitri Susanti menolak menjadi panelis.

KPU dikabarkan telah menyiapkan usulan 12 nama untuk Pilpres 2024 dan debat capres. Pakar hukum tata negara Bivitri Susanti menjadi satu-satunya yang menolak permintaan menjadi panelis edisi pertama. Debat calon presiden. Ya, saya tidak mau, kata Bivitri kepada Tempo, Minggu, 10 Desember 2023 melalui telepon.

Awalnya Bivitri dipanggil anggota KPU. Panggilan itu terjadi pada Jumat sore, 8 Desember 2023. Saat saya telepon, saya jelaskan dulu. Bivitri bertanya kepada anggota KPU, apakah sama dengan panelis pada Pemilu 2019? Yang ditelepon menjawab, fungsi panelis masih sama, yakni bekerja. Bivitri kembali menanyakan apakah panelis diberi ruang untuk bertanya kepada calon presiden.

Baca Juga  Ini bukan mimpi, tapi mimpi seperti itu membuat Anda khawatir

Namun jawaban penyelenggara pemilu menyebutkan peran moderator sama seperti pada debat 2019: “Tidak, moderator yang bertanya.” “Tepatnya tahun 2019,” kata Bivitri menirukan jawaban anggota KPU itu. Usai dipanggil, pengacara konstitusi itu diberi waktu hingga pukul 21.00 WIB untuk menjawab.

Setelah berpikir beberapa jam, Bivtri memutuskan menolak tawaran KPU. Karena peranku kurang bagus. Harapan masyarakat terhadap saya sebagai panelis sangat besar. Tapi aku hanya menanyakan satu pertanyaan. Kenapa aku ada di sana?” dia berkata. Pada akhirnya, nama Bivitri tidak masuk dalam daftar debat yang dirilis KPU.

Sementara itu, mantan Ketua Komnas HAM Ahmed Taufan Damanik yang turut serta dalam debat capres mengatakan, dirinya dan kawan-kawan menyiapkan pertanyaan hanya untuk calon presiden dan wakil presiden. Menurut Ahmed, para debater gagal mengajukan pertanyaan mendalam berdasarkan jawaban para kontestan. Menurutnya, hal itu menjadi dasar desain debat capres.

“Jadi tidak ada tempat bagi moderator, apalagi panelis yang tidak dirancang untuk berada di platform untuk memantau jawaban masing-masing kandidat,” ujarnya melalui pesan WhatsApp pada Minggu, 10 Desember 2023.

KPU RI telah menetapkan jadwal debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 yang dilaksanakan pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 pada masa kampanye pemilu 2024. Debat pertama dan kedua akan dilaksanakan pada tanggal 12 dan 22. Desember 2023 Debat ketiga dan keempat akan dilaksanakan pada 7 dan 21 Januari 2024. Debat terakhir dilaksanakan pada 4 Februari 2024.

Seluruh diskusi akan diadakan di Jakarta. Dari lima program debat tersebut, debat calon presiden akan dilaksanakan sebanyak tiga kali dan debat wakil presiden akan dilaksanakan sebanyak dua kali. Namun, calon presiden dan wakil presiden harus menghadiri lima debat tersebut.

Baca Juga  Ayman Witjaksono hadir dalam sidang praperadilan, berikut 2 pertanyaannya.

HENDRIK KHOIRUL MUHID | Ihsan Reliubun

Pilihan Redaksi: Kisah Bivitri Susanti Tolak Tawaran KPU Jadi Panelis Debat Capres



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *